Daerah Jum'at, 11 Maret 2022 | 20:03

Kapal Nelayan Tabrakan di Perairan Asahan, Beruntung Tak ada Korban Jiwa

Lihat Foto Kapal Nelayan Tabrakan di Perairan Asahan, Beruntung Tak ada Korban Jiwa Tim SAR mengevakuasi nelayan dari laut usai kapalnya bertabrakan. (Foto: SAR Medan)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

Medan - Dua kapal nelayan yang sedang mencari ikan pada Kamis 10 Maret 2022 malam, bertabrakan di sekitar Lampu Putih Perairan Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Sementara tiga awak kapal, setelah beberapa saat bertarung di atas laut, berhasil diselamatkan dan di evakuasi oleh tim Basarnas.

Kordinator Pos SAR Tanjung Balai Asahan, Ady Pandawa mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Kamis sekitar pukul 19.00 WIB, saat dua kapal nelayan sedang mencari ikan.

"Dua kapal nelayan berjenis kayu, bertabrakan yang mengakibatkan kedua kapal terbalik, dimana tiga orang ABK dari kedua kapal terjun ke laut dan bertahan hidup dengan cara berpegangan pada kapal yang terbalik," kata Ady, Jumat, 11 Maret 2022.

Pihaknya yang mendapat informasi, langsung berkordinasi dengan nahkoda Kapal KN SAR 248 Sanjaya yang standby di Dermaga Panton, dan menurunkan personiel melakukan pertolongan menggunakan alut sekoci milik Kapal SAR 248 Sanjaya.

"Berkat sinergitas dan respon cepat, personel Rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan, ABK KN SAR 248 Sanjaya, ABK RB 301 TBA dan  personel Lanal TBA, sekitar pukul 22.05 WIB tim berhasil menyelamatkan ketiga korban dalam keadaan selamat," ujarnya.

Selanjutnya, korban dievakuasi menggunakan sekoci dan dibawa menuju Kapal SAR 248 Sanjaya dan diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing.

"Identitas korban yang berhasil diselamatkan adalah M Yusuf 30 tahun, Agus Erwin 25 tahun dan Solahuddin 28 tahun, seluruhnya warga Asahan Mati, Kabupaten Asahan," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya