Hukum Kamis, 29 Desember 2022 | 07:12

Kapolda Papua Barat Perintahkan Tangkap KKB Hidup atau Mati

Lihat Foto Kapolda Papua Barat Perintahkan Tangkap KKB Hidup atau Mati Kelompok kriminal bersenjata, Papua. (Foto: Sebby Sambom)
Editor: Rio Anthony

Papua Barat - Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Daniel T.M. Silitonga memerintahkan untuk menangkap seluruh anggota KKB hidup atau mati.

Kapolda Papua Barat menyampaikan hal itu di Manokwari, Rabu 28 Desember 2022 malam.

Daniel memerintahkan anggotanya untuk siaga di Maybrat. Dia juga mengatakan seluruh pasukan tidak boleh lengah terhadap KKB. Dia meningkatkan status Maybrat ke siaga.

"Kami siaga satu hadapi KKB di Maybrat. Intinya para penjahat itu harus ditangkap hidup atau mati," tegas Daniel.

Daniel mengatakan bahwa personel Polri dan TNI telah menguasai daerah Maybrat yang sebelumnya KKB mengklaim telah menduduki daerah itu. Dia menyebut Maybrat dalam keadaan kondusif.

"Sampai saat ini Maybrat dalam situasi kondusif. Polri dan TNI melakukan evaluasi berkala bersama Pemkab Maybrat sehingga kami memastikan video yang beredar tentang KKB menguasai Distrik Kmurkek itu tidak benar," tegas Daniel, dilansir Antara, Kamis 29 Desember 2022.

Dia mengatakan bahwa patroli rutin dan terukur oleh Polri dan TNI untuk memastikan kondusivitas Maybrat secara menyeluruh.

"Kalau video pengakuan menguasai Kmurkek pada malam Natal, itu tidak benar. Bisa saja karena gelap mereka mengaku dengan membuat video. Akan tetapi, pukul 06.00 semua personel memastikan kondisi di sana aman," katanya pula.

Diketahui bahwa KKB masih ada di di wilayah Maybrat hingga Bintuni Papua Barat. Mereka menebar teror terhadap warga sipil dan aparat keamanan.

Polisi telah menyebar identitas sejumlah anggota KKB yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam rangkaian serangan terhadap pos militer mau pun warga sipil pekerja jalan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya