Pilihan Selasa, 18 Juli 2023 | 20:07

Kebijakan Presiden Jokowi Inisiasi Kekuatan Politik Milenial dan Gen Z

Lihat Foto Kebijakan Presiden Jokowi Inisiasi Kekuatan Politik Milenial dan Gen Z Future of Indonesia saat memberikan beasiswa kuliah ke China kepada 14 Pemuda Desa. (Foto:Istimewa)

*Oleh: Prima Surbakti, Alumni Institut Teknologi Bandung, Koordinator Future of Indonesia

Selama delapan (8) tahun menjabat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui kebijakan mampu mengelola bonus demografi dengan optimal. Presiden Jokowi berhasil mengubah wajah Indonesia dan membangun fundamental ekonomi politik yang kuat dengan membangun Milenial dan Gen Z lebih produktif dan sejahtera. 

Hal ini terlihat dari beberapa Kebijakan dan arah ekonomi pemerintah Presiden Jokowi dalam meningkatkan investasi yang telah membuka lapangan kerja sebesar-besarnya dan menurunkan tingkat pengangguran pada kelompok milenial dan Gen Z. 

Selain itu, Presiden Jokowi mampu memperbaiki kualitas pendidikan serta menginspirasi Milenial dan Gen Z untuk menjadi pelaku UMKM dan ekonomi Kreatif berbasis teknologi.

Berdasarkan data BPS pada tahun 2014 – 2022, laju pertumbuhan rata rata kelompok Milenial dan Gen Z mencapai 0.56 persen atau mengalami peningkatan lima (5) juta orang. 

Dari sektor angkatan kerja, kebijakan Presiden Jokowi mampu menyerap tenaga kerja dari kelompok milenial dan Gen Z, meningkat 57.29 persen menjadi 59.2 persen selama delapan (8) tahun menjabat. 

Selain itu, tingkat pengangguran Milenial dan Gen Z menurun setiap tahun. Tahun 2014, tingkat pengangguran mencapai 9.77 persen dan turun menjadi 8.6 persen pada tahun 2019. Pada masa pandemi covid 19, pengangguran sempat meningkat dan dikendalikan turun menjadi 9.30 persen pada tahun 2022.

Dari sektor pendidikan, Presiden Jokowi mewujudkan peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan yang dibuktikan dengan indeks peningkatan mutu pendidikan (IPM) meningkat setiap tahunnya. 

Hal ini tidak terlepas dari program pemerintah seperti pembangunan infrastruktur dan pendidikan gratis. Selain itu, Presiden Jokowi gencar mendorong pendidikan vokasional dan pendidikan berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan teknis dan produksi kelompok Milenial dan Gen Z.

Jokowi - Kelompok Milenial dan Gen Z

Dampak dari kebijakan Jokowi terhadap kelompok Milenial dan Gen Z, telah melahirkan Milenial dan Gen Z yang produktif dan lebih sejahtera. 

Secara psikologis, Presiden Jokowi telah menjadi patron dan inspirasi serta inisiator lahirnya kekuatan politik Milenial dan Gen Z. Kekuatan politik ini terbukti melalui hasil survei kepuasan dan kepercayaan Milenial dan Gen Z sebesar 80 persen kepada Jokowi . Pada Pilpres 2019, mayoritas Milenial dan Gen Z memilih Presiden Jokowi.

Pemilu 2024 sudah di depan mata, Milenial dan Gen Z menjelma menjadi kekuatan politik yang akan menentukan hasil pemilu 2024, menentukan Presiden 2024 – 2029 serta menentukan pemimpin daerah (Gubernur, Wali kota, dan Bupati).

Kemana arah politik Milenial dan Gen Z? Hanya Presiden Jokowi yang tahu. Kekuatan Milenial dan Gen Z adalah milik Jokowi. 

Siapa Presiden 2024? Mereka yang didukung oleh ketum Parpol dan Presiden Jokowi.[] (Selasa, 18 Juli 2023)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya