Daerah Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:10

Kemenkes Larang Seluruh Apotek di Indonesia menjual Obat Sirup

Lihat Foto Kemenkes Larang Seluruh Apotek di Indonesia menjual Obat Sirup Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Dok Kemenkes)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menginstruksikan agar seluruh Apotek di Indonesia untuk tidak menjual obat dalam bentuk sirup kepada masyarakat.

Instruksi ini dikeluarkan Kemenkes sebagai kewaspadaan atas temuan gangguan ginjal akut progresif atipikal yang mayorits menyeran anak usia dini.

Ketetapan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak yang diteken oleh Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami pada Selasa 18 Oktober 2022.

"Untuk sementara seluruh Apotek agar tidak menjual obat bebas dan atau bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," demikian bunyi poin 8 dari SE tersebut.

Selain itu Murti meminta kepada seluruh pelayanan kesehatan untuk tidak meresepkan obat jenis sirup sampai pengumuman resmi dikeluarkan.

Ia juga meminta agar fasilitas pelayanan kesehatan yang melakukan penatalaksanaan awal penyakit misterius ini merupakan rumah sakit yang memiliki paling sedikit fasilitas ruangan intensif berupa High Care Unit (HCU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

Ada pun fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak memiliki fasilitas dimaksud harus melakukan rujukan ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis ginjal anak dan fasilitas hemodialisis anak.

Penatalaksanaan pasien oleh rumah sakit mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Atipikal Pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya