Hukum Jum'at, 26 April 2024 | 18:04

Klarifikasi Pastor Paroki di Manggarai Timur yang Dituduh Selingkuh dengan Istri Orang

Lihat Foto Klarifikasi Pastor Paroki di Manggarai Timur yang Dituduh Selingkuh dengan Istri Orang Ilustrasi selingkuh. (Foto: Pixabay)
Editor: Rio Anthony

Borong - Pastor Paroki St Yosef Kisol, Manggarai Timur, NTT yang dituduh tertangkap basah di kamar bersama wanita beristri akhirnya angkat suara.

Dalam rilis yang diterima Opsi.id menjelaskan kronologi yang sebenarnya atas kejadian tersebut.

"Saya, Romo Agustinus Iwanti (Pastor Paroki St. Yosef Kisol-Keuskupan Ruteng) dengan ini menerangkan tentang kronologis peristiwa yang menimpa saya, yang saat ini sedang diperbincangkan pada media sosial-pun di tengah umat,"ujarnya dalam rilis tersebut.

Menurut Romo Agus, dia bertugas di Paroki St. Yosef Kisol (pertengahan tahun 2022). Dan dia mengaku memiliki hubungan yang sangat baik dengan keluarga Bapak Tinus (suami dari wanita yang dituduh bersama Romo Agus)

"Mereka sekeluarga sering mengunjungi saya di pastoran dan sebaliknya saya bersama semua anggota pastoran (karyawan/i) sering juga mengunjungi mereka di rumahnya,"cerita Romo Agus.

"Dalam urusan keluarga saya di Lengko Elar (kampung saya), mereka sering hadir dan mengambil bagian. Bahkan mereka menitipkan anak mereka (Enu Itin=anak dari adik Bapak Tinus/Bapa Sindi) di pastoran untuk bantu-bantu dalam urusan rumah tangga pastoran. Jadi, saya merasa keluarga bapak Tinus adalah bagian dari keluarga saya,"tuturnya.

Dia pun menceritakan bahwa pada Selasa, 23 April 2024 tepatnya pukul 17.30 Wita dia dan Bapa Tinus saling berkomunikasi lewat WA seperti biasanya.

Ketiga, Pukul 17.53 Wita mereka pun sepakat untuk makan bersama di rumah pak Tinus (suami dari si wanita yang dituduh ada main dengan Romo Agus).

"Sekitar pukul 20.00 Wita, saya bersama dengan anggota pastoran (Enu Melin/Karyawati dapur, Save/sopir, adik Kristo/adik sepupu, dan Enu Itin/anak dari adiknya Bapak Tinus) menggunakan mobil pribadi (Terios) berangkat menuju rumah Bapak Tinus di Stasi Rende,"

Kurang lebih pukul 20.30 Wita kami tiba di rumah Bapak Tinus. Saat itu yang ada di rumah, Bapak Tinus, Enu Hermin/Mama Sindi (istrinya), Anak Santos (putranya), dan Enu Siren (putri bungsunya).

Romo Agus melanjutkan, sekitar pukul 20.30 Wita kami disuguhi minuman kopi dan hanya kepada saya diberikan minuman energen. Yang mengantar minuman oleh Enu Hermin/Mama Sindi. Dan setelah itu kami langsung makan bersama.

Sekitar pukul 21.30 WITA (setelah makan malam) kami bincang-bincang santai dan sambil rekreasi main kartu dengan sangsi hukuman berdiri. Hal ini biasa kami lakukan setiap kali berkumpul.

Adapun yang ikut rekreasi main kartu, saya, Bapa Sindi, Mama Sindi dan adik Kristo.

Sedangkan Enu Melin/karyawati pastoran dan Enu Itin segerah menuju kamar tidur anak Siren. Dan Safe ke kamarnya anak Santos. Hal ini juga biasa mereka lakukan karena kedekatan mereka selama ini.

Karena sudah larut malam, sekitar pulul 01.00 Wita (dini hari), saya meminta anggota pastoran (Enu Melin, Safe) yang sementara tidur untuk dibangunkan dan siap-siap kembali ke Pastoran. Sedangkan Enu Itin bertahan di rumah.

Akan tetapi Mama Sindi mengatakan bahwa mereka sudah tidur lelap. Lalu saya sendiri mangatakan "biar saya dan adik Kristo pulang duluan", tetapi Bapak Sindi dan Mama Sindi menahan kami semua untuk nginap karena sudah larut malam. Kami pun mengiakan ajakan mereka.

Kemudian bapak Sindi menuntun saya ke kamar tidur yang ternyata sudah mereka siapakan.

Sedangkan adik Kristo dan Bapak Sindi berbaring/tidur di tempat tidur yang letakanya di depan kamar tidur untuk saya. Mama Sindi tidur bersama anak-anak perempaunnya dan Enu Melin.

Karena kelelahan (karena aktivitas sepanjang hari di pastoran), saya langsung tertidur lelap dalam kamar dengan kondisi pintu terbuka hanya ditutupi kain tirai.

Kurang lebih pukul 02.00 Wita, saya terbangun karena dikagetkan dengan teriakan makian dari Bapak Sindi sambil ia mengancam mengambil parang.

Saya sangat Shok dan bingung dengan keadaan sekejap itu. Dan saat itu saya melihat Mama Sindi juga ada di dalam kamar dengan kondisi berbusana lengkap, dan tiba tiba dia lari ke luar.

Masih dalam keadaan shok, saya berusaha menenangkan Bapak Sindi. Saat itu saya masih dalam keadaan berpakaian lengkap, ditambah kain selimut dan bangun mendekati Bapak Sindi.

Karena teriakan keras Bapak Sindi berupa makian-makian dan ancaman untuk membunuh, sehingga mengakhibatkan semua orang dalam rumah ikut bangun dan ikut panik.

Supaya tidak terjadi keributan besar, saya dan semua anggota pastoran segera meninggalkan rumah itu dan balik ke pastoran.

Kami pun pulan ke pastoran (tanpa enu Itin/anak dari adiknya Bapak Sindi). Dalam perjalan pulang, persisnya di kampung Munde, saya tiba-tiba dihubungi Mama Sindi (dia dalam keadaan menangis dan ketakutan) untuk minta bantuan dijemput.

Atas permintaan Mama Sindi dan demi keselamatannya, saya bersama anggota pastoran, kembali menjemput dia di pertengahan jalan (agak jauh dari rumahnya). Lalu kami bersama-sama dalam satu mobil menuju pastoran.

"Demi keselamatan diri saya dengan karyawan, maka tepat pukul 08.00 Wita (Rabu, 24 April 2024), saya, adik Kristo dan Safe meninggalkan pastoran dan ke luar dari kota Borong, edangkan Mama Sindi masih di seputaran kota Borong,"bebernya.

Demikian klarifikasi dan kronologis peristiwa yang menimpah saya.

"Dengan tulus hati saya meminta maaf kepada yang mulia Bapak Uskup Ruteng, Vikep Borong dan Para Imam, keluarga-keluarga saya, umat paroki St. Yosef Kisol, serta seluruh umat yang terganggu karena peristiwa ini,"

"Saya sangat memohon doa dan dukungannya agar persoalan ini cepat terselesaikan dengan baik sehingga saya bisa bertugas kembali. Terima kasih,"pungkas Romo Agus. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya