News Minggu, 15 Mei 2022 | 11:05

Kobarkan Semangat Persatuan, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Digelar di Tugu Lilin Surakarta

Lihat Foto Kobarkan Semangat Persatuan, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Digelar di Tugu Lilin Surakarta Suasana konferensi pers Peringatan 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Panitia Hari Kebangkitan Nasional 2022 bakal menyelenggarakan acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 114 tahun di Tugu Kebangkitan Nasional (Tugu Lilin) Kota Surakarta pada Jumat, 20 Mei 2022 mendatang.

Berbicara dalam konferensi pers Peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Indonesia, Minggu, 15 Mei 2022, Ketua Panitia Nirmala Firdaus mengatakan kondisi bangsa yang saat ini masih terpolarisasi secara politik menjadi alasan utama untuk mengobarkan kembali semangat kebangkitan nasional dan nasionalisme yang menyatukan bangsa ini menuju kemerdekaan.

"Semangat kebangkitan nasional mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan, merekatkan kembali persatuan dan kebersamaan untuk bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik dalam menghadapi semua tantangan dan persoalan sebagai penerus ketangguhan bangsa ini," kata Nirmala, dikutip Opsi pada Senin, 16 Mei 2022.

Suasana konferensi pers Peringatan 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Nirmala menilai, akibat dari polarisasi di masyarakat berbahaya terhadap kehidupan bangsa Indonesia kedepannya karena menciptakan iklim politik identitas yang saling menjatuhkan satu sama lain dan saling curiga satu sama lain.

Lantaran itu, semangat kebangkitan nasional wajib digaungkan kembali dan perlunya persatuan bangsa tanpa membedakan agama, suku, ras, antar golongan serta mempererat kebersamaan untuk bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Kami adakan acara di Solo, karena di sana lah di mana berbagai organisasi pergerakan kemerdekaan bersatu dan mewujudkan tekadnya untuk Indonesia merdeka dengan membangun Tugu Lilin pada peringatan 25 tahun kebangkitan nasional pada tahun 1933 silam," tutur Sekretaris Panitia Jeff Sondakh. 

"Sudah saatnya bangsa Indonesia kembali bersatu dengan semangat kebangkitan nasional demi membangun masyarakat yang adil makmur demi kemajuan bersama!" ujar Jeff lagi.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengusung tema Semangat Kebangkitan Nasional dengan tagline Bangkit Indonesia!.

Baca juga: Pagelaran Wayang di 10 Kampung Bakal Meriahkan Hari Jadi Kota Magelang ke-1116

Baca juga: Hari Palang Merah Internasional, Puan: Peran Relawan Sangat Penting Bagi Kemanusiaan

Rencananya, acara juga akan dihadiri sejumlah pucuk pimpinan daerah Kota Surakarta, pimpinan Provinsi Jawa Tengah, dan tokoh-tokoh nasional. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya