News Selasa, 09 Agustus 2022 | 16:08

Layanan Alami Down, Juru Bicara Google Minta Maaf

Lihat Foto Layanan Alami Down, Juru Bicara Google Minta Maaf Ilustrasi Google Doodle. (Foto: Google)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perusahaan teknologi Google, meminta maaf atas tidak bisa diaksesnya sejumlah layanan milik mereka, termasuk Laman Pencarian Google dan Google Maps. Google mengalami error alias down, lantaran terjadi masalah akibat pembaruan software.

Laman The Guardian mewartakan, seorang juru bicara Google menjelaskan perihal kesalahan teknis yang terjadi. Dia juga menegaskan bahwa permasalahan sudah dapat diatasi dan layanan sudah dapat diakses kembali.

"Kami menyadari adanya masalah pembaruan software yang terjadi siang ini waktu Pasifik dan berdampak secara singkat pada Google Search dan Maps," kata juru bicara Google, dikutip Opsi pada Selasa, 9 Agustus 2022.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya. Kami bekerja dengan cepat untuk memperbaiki masalah ini dan layanan kami kini sudah online kembali," ujar dia.

Peristiwa error yang dialami Google, terpantau melalui aduan masyarakat di platform Downdetector. Perusahaan network intelligence, ThousandEyes mencatat setidaknya ada 1.338 server di lebih dari 40 negara yang terdampak.

Layanan Google yang down juga dikeluhkan pengguna internet di Indonesia, yang melaporkan bahwa sejumlah layanan Google tak bisa diakses pada Selasa pagi, mulai pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Google Bagikan 4 Cara Efektif Membantu Lansia Gunakan Internet

Baca juga: Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2022 Lewat Slide Animasi

Laporan mencatat adanya ribuan keluhan atas kendala dalam mengakses laman pencarian, serta akses situs web, baik desktop maupun ponsel. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya