Daerah Senin, 04 Juli 2022 | 20:07

Lewat Program PHBS, Kades Babahlung Abdya Tegaskan Kebersihan Lingkungan Tugas Bersama

Lihat Foto Lewat Program PHBS, Kades Babahlung Abdya Tegaskan Kebersihan Lingkungan Tugas Bersama Kades Babahlung Abdya Zikri saat menyampaikan sambutan. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kepala Desa Babahlung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Zikri AR mengatakan menjaga kebersihan lingkungan adalah tugas bersama.

"Maka dari itu saya mengajak seluruh warga untuk terus menerapkan pola hidup sehat dan sama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih," kata Zikri dalam keterangannya, Senin, 4 Juli 2022.

Hal ini disampaikannya dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi warga setempat, Sabtu, 25 Juni 2022.

Kegiatan ini turut dihadiri Camat Blangpidie, unsur TNI-Polri, ustad, pendamping desa Tuha peut, tuha 8, KPM, KPMG, Kader Posyandu, Kader Posbindu, Guru Paut ketua pemuda Kadus dan ibu PKK.

Dalam sambutannya, Kades mengatakan bahwa dengan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari dapat mencegah diri dari berbagai wabah penyakit yang dapat timbul dari lingkungan yang kotor.

"Apalagi, kebersihan merupakan bagian dari iman dan tentu jika pola PHBS ini diterapkan tentu ada pahalanya," ucapnya.

Menurutnya, amat banyak manfaat bagi manusia dengan tetap memperhatikan lingkungan tetap bersih dan sehat. Selain dapat meminimalisir wabah penyakit, juga dapat mencegah dari banjir yang sewaktu-waktu bisa melanda terjadi akibat sampah-sampah yang menyumbat saluran.

"Tentu banyak manfaat yang didapat manusia jika menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan menerapkan pola itu tentu seseorang sudah menjaga dirinya dan keluarga dari segala macam wabah penyakit yang timbul karena lingkungan kotor, maka kita mengimbau warga untuk menerapkan pola ini dalam kehidupan sehari-hari," sebutnya.

"Kami dari aparatur desa juga akan mengupayakan budaya gotong royong untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. Tentu hal demikian perlu di antisipasi sebelum terjadi," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya