Pilihan Selasa, 20 Desember 2022 | 12:12

Mengenal Panji Tengkorak, Komik Silat Fantasi yang Diadaptasi Jadi Film Animasi

Lihat Foto Mengenal Panji Tengkorak, Komik Silat Fantasi yang Diadaptasi Jadi Film Animasi Poster film animasi Panji Tengkorak. (Foto: Falcon Pictures)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Komik petualangan aksi Panji Tengkorak siap diadaptasi menjadi film layar lebar dalam format animasi. Daryl Wilson bertugas menjadi sutradara untuk menggarap judul ini di bawah rumah produksi Falcon Pictures.

Komik Panji Tengkorak sendiri merupakan cerita bergambar dengan genre silat fantasi karya Hans Jaladara. Komik ini, pertama kali terbit pada tahun 1968 dalam lima serial dan menuai kesuksesan pada masa itu.

Menyusul kepopulerannya, komik Panji Tengkorak kemudian didaur ulang dan diterbitkan lagi pada tahun 1985. Versi daur ulang manganya terbit kembali pada tahun 1996.

Dalam ceritanya, komik Panji Tengkorak mengangkat kisah tentang seorang pendekar bernama Panji yang tidak menemukan kedamaian meski telah membalaskan kematian istrinya. Dia berusaha mengakhiri hidupnya, tapi ilmu hitam yang dimiliki menghalanginya.

Panji luntang-lantung berkelana hingga di bertemu Bramantya, yang menawarkannya jalan keluar dari hidup yang penuh penyesalan.

Bramantya merupakan kakak seperguruan Nagamas (guru Panji), dia meminta Panji mencari Lembugiri, adik seperguruannya yang diculik bandit Kalawereng yang juga merampas Pusaka Adidaya, sebuah senjata mitologi yang memiliki kekuatan untuk mencabut kutukan Panji.

Para pengisi suara di film animasi Panji Tengkorak. (Foto: Falcon Pictures)

Bersama Kuwuk, seorang prajurit pengecut, dan Gantari, gadis pendekar lugu, Panji mengikuti Bramantya memasuki hutan kekuasaan Kalawereng. Berkat arahan Kuwuk, mereka sampai di lokasi Lembugiri disergap.

Namun, Kalawereng telah menunggu. Saat itulah, Bramantya ditusuk oleh Lembugiri yang ternyata telah memalsukan kematiannya demi merebut kunci pusaka.

Keempatnya sadar bahwa mereka harus menyelamatkan dunia dari penyalahgunaan pusaka itu oleh Lembugiri, yang berniat menggunakan pusaka Adidaya untuk menghentikan perang dan menjadi penguasa tunggal.

Komik Panji Tengkorak rencananya bakal diadaptasi menjadi film animasi dengan sederet bintang populer sebagai pengisi suaranya.

Denny Sumargo rencananya bakal terlibat sebagai pengisi suara tokoh utama Panji, Cok Simbara (Lembugiri), Aghniny Haque (Gantari), dan Tanta Ginting (Kalawereng).

Baca juga: Komik Panji Tengkorak Diadaptasi Jadi Film Animasi

Baca juga: Pusat Animasi dan Film Terbesar di Indonesia Diresmikan

Ada pula Donny Damara (Bramantya), Donny Alamsyah (Wirabaya), Revaldo (Kakak Pertama), Nurra Datau (Murni), Candra Mukti (Kuwuk) dan Prit Timothy (Nagamas). []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya