Pilihan Kamis, 08 September 2022 | 17:09

Menjelajahi Pesona Jalur Rempah di Belitung Timur

Lihat Foto Menjelajahi Pesona Jalur Rempah di Belitung Timur Rempah. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, dulunya merupakan bagian dari jalur sutra perdagangan rempah dunia.

Di sana tengah digelar pula Jelajah Pesona Jalur Rempah sejak 6-10 September 2022. Lantas apa yang bisa ditemukan di ajang itu?

1 | Mengangkat eksotisme di jalur rempah

Semangat mengenalkan dan melestarikan keelokan nilai-nilai tradisi di Bangka Belitung, yang berkaitan dengan rempah, event ini mengambil tema "Eksotisme Jalur Rempah Belitung Timur".

Bakal menampilkan kesenian, kuliner, hingga obat-obatan rempah yang sudah lekat dan jadi bagian dari masyarakat setempat sejak dulu.

Semua daya tarik itu akan ditampilkan pada 6-10 September 2022 di Lapangan Bola Yagor, Manggar, Belitung Timur.

2 | Melihat Pameran Rempah

Sambil berwisata dan cuci mata di Pameran Rempah, event ini melibatkan sekitar 60 tenant.

Rempah-rempah yang dipamerkan, ada yang diolah dalam bentuk kuliner, obat-obatan, bahkan bisa jadi pernak-pernik unik. 

3 | Parade Figur Rempah 

Parade Figur Rempah dijadwalkan pada 8 September 2022. Di sana bisa melihat parade kostum yang terinspirasi dari berbagai jenis rempah yang ada di Belitung Timur. Kostum-kostum itu tentu saja hasil kreasi dari para desainer lokal.

Pantai Nyiur Melambai di Belitung Timur. (Foto: Kemenparekraf)

Tahun lalu, total 22 figur rempah ditampilkan. Ada lengkuas, ketumbar, cengkeh, jintan hitam, dan lainnya. Tahun ini, figurnya pasti bakal beda dari yang sudah pernah dihadirkan. 

4 |  Ragam tarian hingga musik tradisional 

Nuansa tradisional akan terasa selama Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur digelar.

Ada pentas seni setiap harinya, mulai dari malam pembukaan, Malam Tradisi Sungai dan Bahari, sampai pada saat penutupan. Ada juga tari-tarian.

5 | Entrepreneurship Rempah 

Belajar tentang bisnis dan dapatkan banyak trik serta tips dari ahlinya di acara Malam Entrepreneurship Rempah yang dilaksanakan pada 8 September 2022.

Yang mau cari tahu lebih mendalam tentang serba-serbi rempah, ada satu agenda yang cocok. Ikutlah Seminar Rempah. Seminar nasional  yang akan dilangsungkan pada 9 September 2022.

6 | Jelajahi pesona tersembunyi lain di Belitung Timur

Puas menikmati suguhan budaya dan serba-serbi rempah, kamu bisa melanjutkan petualanganmu menjelajahi hidden gems di Belitung Timur. Ada deretan pantai yang cantik banget. [Kemenparekraf]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya