News Jum'at, 29 April 2022 | 10:04

Mula Tua Sinurat dan Anggiat Maruli Tua Sinurat Ditetapkan Sebagai Ketum dan Sekum Punguan Sinurat

Lihat Foto Mula Tua Sinurat dan Anggiat Maruli Tua Sinurat Ditetapkan Sebagai Ketum dan Sekum Punguan Sinurat Rapot Bolon Punguan Sinurat di Hotel Santika Kelapa Gading, Jakarta, Selasa, 26 April 2022.
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Rapot Bolon Punguan Sinurat bersama Boru Se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa, 26 April 2022 berlangsung sukses.

Gelaran acara ini dihadiri lebih dari 100 orang, terlihat para peserta antusias dalam mengikuti setiap rangkaian acara yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengurus maupun panitia.

"Rapat Bolon ini mengamanatkan lima agenda besar, meliputi; mendengar laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya, memilih pimpinan rapat, memilih tim formatur, memilih pengurus baru masa periode tahun 2022-2026, serta melantik dan menetapkan pengurus oleh dewan pembina, pengawas dan penasehat," ujar Ketua Panitia, Maruli Tua Sinurat.

Untuk memastikan rapat berjalan baik dan lancar, forum secara aklamasi menetapkan Frans Darwin Sinurat, mewakili pomparan Raja Tano (bhs. batak arti pomparan; keturunan), St. Parlinggoman Sirait, mewakili pomparan Raja Pagi, dan Anggiat Maruli Tua Sinurat, MH, mewakili pomparan Ompu Gumbok Nabolon, masing- masing sebagai pemimpin rapat Bolon tersebut, (bhs. Batak, arti bolon; besar).

Sementara itu, pengurus lama Pius Sinurat, dalam laporan pertanggungjawaban memaparkan hasil program kerja selama kurun waktu tiga tahun sebelumnya, baik prestasi, kekurangan, maupun program kerja yang masih berjalan.

Dari pemaparan tersebut, hal paling menarik perhatian oleh forum rapat, adalah Amanat Punguan (Punguan bahasa Batak: kumpulan/organisasi), di Hotel el-Royal, Kelapa Gading, Jakarta, 27 April 2019.

“Pembangunan Tugu Raja Sinurat di Dolok Baringin Bonan Dolok adalah program prioritas, dan sebagai tahap awal sudah dilakukan peletakan batu pertama,"jelas Pius selaku Sekretaris Umum yang akan demisioner.

Selanjutnya setelah mendengar laporan pengurus lama, agenda bergeser ke-pemilihan Tim Formatur, yakni, dari unsur Tokoh Sinurat yang ‘dituakan’, berjumlah 9 orang, diantaranya;

1. Ketua: St. Sartius Sinurat
2. Sekretaris: Parluhutan Sinurat
3. Anggota: Edison Sinurat, M.Kes.
4. Anggota: Ir. Hulman Sinurat
5. Anggota: Dr. Sahala Sinurat
6. Anggota: Hendri Sinurat, SE
7. Anggota: Robert Sinurat, SH
8. Anggota: Pdt. Edi P. Sinurat, S.Th
9. Anggota: Pdt. Kadir Sinurat, S.Th

Setelah Tim Formatur terpilih, selanjutnya, memilih dan menetapkan pengurus baru, BPH DPP Punguan Raja Sinurat, yakni: Mulatua Sinurat, S.Kom, MM, selaku Ketua Umum, mewakili Pomparan Raja Pagi, dan Anggiat Maruli Tua Sinurat, MH, selaku Sekretaris Umum, mewakili Pomparan Ompu Gumbok Nabolon.

Selanjutnya, pada fungsionaris diisi, Robert Sinurat, SH, mewakili Pomparan Raja Tano, Dr. Marja Sinurat mewakili Pomparan Ompu Gumbok Nabolon, masing- masing dipercayai sebagai unsur ketua, dan Wakil Sekretaris dipercaya kepada Ronald Pipin Sinurat Pomparan Raja Pagi, serta Frans Darwin Sinurat, SE mewakili Pomparan Raja Tano sebagai Bendahara Umum, diikuti Ir. Jhon Sinurat mewakili Pomparan Ompu Gumbok Nabolon, sebagai wakil bendahara.

Hasil penetapan pengurus harian, oleh tim formatur, dilanjutkan Pelantikan oleh Dewan Pembina, yang disaksikan pihak Dewan Pengawas dan Penasehat.

"Dengan masuknya Robert Sinurat, SH, di jajaran Badan Pengurus Harian (BPH) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Punguan Sinurat, maka ketua panitia pembanguan, didaulat kepada St. Parlinggoman Sinurat,"ujar salah satu perwakilan tim Formatur.

Sebelumnya, seluruh rangkaian acara, diawali dengan ibadah singkat, yang dipimpin St.(penetua, red), Parlinggoman Sinurat, dengan pembawa firman (pengkotbah), Pdt. Kadir Sinurat, S.Th, dengan mengambil tema kotbah “tampak na do rantos na, rim ni tahi do gogo na," dan sub tema: "Melalui Rapat Bolon ini, mari kita satukan hati dan pikiran, untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Pomparan Raja Sinurat se-Indonesia (Filipi 2: 2). []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya