Daerah Sabtu, 12 Maret 2022 | 18:03

Tiopan boru Sinurat, Guru dari Simalungun Ikuti Program CCIP AMINEF

Lihat Foto Tiopan boru Sinurat, Guru dari Simalungun Ikuti Program CCIP AMINEF Tiopan boru Sinurat (nomor dua dari kiri) saat bersama istri Bupati Simalungun (nomor dua dari kanan),Sabtu, 12 Maret 2022. (Foto: Instagram)
Editor: Tigor Munte

Simalungun - Tiopan boru Sinurat adalah putri kelahiran Karanganom Kecamatan, Panei Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Saat ini berprofesi sebagai tenaga pengajar, dan sedang memperdalam pengetahuan Bahasa Inggris. 

Tiopan menyatakan cinta anak-anak dan generasi muda. Dalam keseharian, mencoba menjalin komunikasi dengan mereka terkait pelajaran di sekolah. 

Banyak dari mereka yang tidak tertarik untuk belajar serius, seolah-olah mereka bersekolah bukan menuntut ilmu namun hanya karena takut dimarahi orang tua. 

Ia juga mencoba memberikan motivasi kepada mereka dengan mengadakan belajar bahasa Inggris di rumah, dan ternyata di antara mereka banyak yang tertarik dan menciptakan prestasi.

Tiopan percaya untuk bisa memotivasi lebih banyak orang. "Namun saya harus membuktikan terlebih dahulu bahwa di usia 37 tahun ini menunjukkan terus belajar, sebab belajar gak ada habisnya," kata dia.

Baca juga: Polisi Muda dari Simalungun, Berani Bertindak Tegas dan Terukur

Tiopan akan mengikuti program Community College Initiative Program (CCIP) AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation).

CCIP bertujuan untuk menyediakan akses ke program akademik non-gelar berkualitas di berbagai community college AS yang akan membangun keterampilan teknis, mengasah kemampuan kepemimpinan dan memperlancar kefasihan bahasa Inggris. 

Program ini juga memberikan kesempatan bagi para pesertanya untuk mengikuti kerja magang profesional, pembelajaran berbasis pelayanan dan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan keterlibatan masyarakat.

Peserta program ini akan menjalani satu tahun ajaran di Amerika Serikat untuk memperoleh sertifikat di bidang studi pilihan mereka. 

Para penerima fellowship ini akan dikelompokkan dalam beberapa grup di berbagai community college yang telah melalui proses seleksi ketat untuk menjadi tuan rumah program ini.

Dalam masa persiapannya saat ini, Tiopan bertandang ke rumah pribadi Bupati Simalungun Jalan Surung Dayung, Nagori Pamatang Simalungun pada Sabtu, 12 Maret 2022. 

Istri Bupati Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyambut Tiopan Sinurat. Kepada Tiopan dia berpesan selama di Amerika Serikat memperkenalkan produk UMKM Kabupaten Simalungun. 

Ada beberapa produk UMKM Kabupaten Simalungun binaan Tim Penggerak PKK, di antaranya Bubuk Jahe Merah, Giniling (Tinuktuk Simalungun), Tingting Jahe, Keripik Gosong dan lain-lain. 

Bubuk Jahe Merah yang diolah langsung oleh masyarakat Simalungun berfungsi sebagai minuman kesehatan yang dapat mencegah beberapa penyakit. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya