Daerah Kamis, 03 November 2022 | 16:11

PBB Tanam 10 Ribu Pohon di Togaraja Samosir, Wagub Sumut dan KLHK Ikut

Lihat Foto PBB Tanam 10 Ribu Pohon di Togaraja Samosir, Wagub Sumut dan KLHK Ikut Aksi tanam pohon PBB, Wagubsu, dan KLHK di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Medan - Sebanyak 10 ribu batang bibit pohon ditanam di objek wisata Togaraja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara pada Selasa, 1 November 2022.

Penanaman dilakukan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Pemuda Batak Bersatu (PBB).

Ikut menanam pohon, Staf Khusus Kementerian LHK Irjen Pol Jhony Siahaan, Bupati Samosir  Vandiko Gultom, dan Ketum PBB Lambok F Sihombing.

 Musa Rajeckshah alias Ijeck mengatakan, Togaraja sudah tidak asing baginya. Beberapa kali dia sempat mendapat cerita dari anaknya mengenai keindahan objek wisata di Kawasan Danau Toba tersebut.

"Anak saya sudah dua kali ke sini. Awal saya datang, saya pikir inilah tempat yang diceritakan anak saya itu. Ternyata benar. Di luar dugaan saya dan tidak disangka-sangka akhirnya saya bisa sampai juga di sini," ujarnya.

Dia menyambut baik apa yang telah dilaksanakan PBB sekaligus mengapresiasi Ketum PBB yang masih ingat dengan kampung halamannya.

"Karena kalau tak ingat kampung tak baik juga. Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan PBB bisa bermanfaat. Di Togaraja ini nantinya bisa menghasilkan buah-buahan. Dan menjadi tempat wisata buah di Samosir," ujarnya dilansir dari laman Pemprov Sumut, Kamis, 3 November 2022. 

Baca juga:

Kebakaran Hutan di Kawasan Danau Toba, Seorang Warga Meninggal Dunia

Kata dia, jika nantinya Togaraja berkembang, akan memberikan dampak ekonomi untuk Kabupaten Samosir. 

Pemprov Sumut pun kata dia, saat ini juga sedang fokus membantu pemerintah pusat dalam mengembangkan desa wisata yang ada di Sumut.

"Kita di Sumut kepala desa kita nanti ada yang kita ajak melihat pengembangan desa wisata di Yogyakarta. Di Borobudur itu pengembangannya dibantu pusat. Sama dengan di Danau Toba ini. Dan mereka masyarakatnya benar-benar diberikan pemahaman. Saya berharap di sini juga tetap mendapat dampingan Pak Bupati," kata Ijeck.

Irjen Pol Jhony Siahaan berharap pohon yang ditanam dapat dirawat dengan baik. "Dan kita juga berharap hasil tumbuh-tumbuhannya nanti bisa digunakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Bupati Vandiko Gultom berterima kasih atas kedatangan Wagub Sumut ke Samosir.  Dia berujar, Togaraja merupakan tempat wisata baru yang dikembangkan di Samosir. 

Nantinya Togaraja menjadi tempat wisata buah. "Ada jogging tracknya juga, ada fasilitas kamar mandi dan pemandangannya ini sangat indah Pak Wagub. Kebetulan saja ini kabut," ujarnya.

Ketum PBB Lambok F Sihombing mengatakan, pohon yang ditanam terdiri dari pohon mangga, durian, alpukat, dan petai. 

"Kita memilih Togaraja karena ini destinasi wisata baru. Kita ingin lakukan penghijauan di sini. Dan kami berterima kasih sama Pak Wagub karena sudah jauh-jauh datang ke sini. Kami tak menyangka, Pak," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya