Daerah Kamis, 16 Juni 2022 | 19:06

Perpustakaan Mewah Mulai Dibangun, Bupati Abdya Letakkan Batu Pertama

Lihat Foto Perpustakaan Mewah Mulai Dibangun, Bupati Abdya Letakkan Batu Pertama Pelatakkan pertama pembangunan Perpustakaan mewah di Abdya. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh bakal memiliki perpustakaan mewah yang dibangun dengan anggaran lebih kurang Rp 10 miliar di Komplek Pendidikan di Kecamatan Susoh.

Bupati Akmal Ibrahim, saat meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung mengapresiasi kegigihan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang telah berupaya optimal untuk mewujudkan pembangunan gedung baru.

"Meski dengan usia jelang masa pensiuan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Abdya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan gedung baru yang representatif dan nantinya membuat para pembaca lebih nyaman saat menikmati bacaan," kata Bupati Akmal, Kamis, 16 Juni 2022.

Selain itu, kata dia, patut diapresiasi kegigihan Hj Nurhadisah SPd selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Abdya.

Dia berpandangan, kerja keras Nurhadisah sangat luar biasa. Meski jelang masa pensiun sekitar 44 hari lagi, upaya pembangunan gedung baru tetap diusahakan. 

"Ketika pensiun, beliau meninggalkan kenang-kenangan yang luar biasa nantinya," ujarnya.

Menurutnya, membaca merupakan hal yang penting, bahkan dalam agam Islam juga telah diajurkan untuk selalu membaca dan menggali ilmu yang bermanfaat.

Dengan membaca banyak hal bisa diwujudkan terlebih saat ini telah hadir perpustakaan yang banyak menyediakan ragam bacaan.

"Membaca itu merupakan jendela dunia dan sangat banyak manfaat seperti dapat menstimulasi mental, dapat mengurangi stress, menambah wawasan dan pengetahuan, dapat menambah kosakata, dapat meningkatkan kualitas memori, melatih keterampilan untuk berfikir dan menganalisa.

"Serta dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, melatih untuk dapat menulis dengan baik, dapat memperluas pemikiran seseorang," ucapnya.

Lebih lanjut, hal itu juga dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif, meningkatkan empati seseorang, mendorong tujuan hidup seseorang, membantu untuk terhubung dengan dunia luar, dan dapat lebih berhemat.

"Banyak hal yang saya peroleh dengan mambaca seperti mengenai budidaya udang dan beragam persoalannya, bertani, beternak hingga pembuatan pakannya serta banyak hal lainnya. Harus selalu bersemangat untuk membaca dan menggali ilmu pengetahuan," ucap Akmal. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya