Daerah Jum'at, 11 Maret 2022 | 17:03

Pilkades Hambat Pencairan Dana Desa Tahap l di Abdya Aceh

Lihat Foto Pilkades Hambat Pencairan Dana Desa Tahap l di Abdya Aceh Ilustrasi dana desa. (foto: ist)

Aceh Barat Daya - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Taqwallah membeberkan terdapat empat kabupaten/kota di provinsi itu yang Dana Desa (DD) tahap l tahun 2022 belum cair.

Taqwallah mengatakan hal tersebut dalam rapat evaluasi penyaluran DD tahap l tahun 2022, JKA dan penanganan Covid-19, di Kantor Gubernur Aceh, Kamis, 10 Maret 2022.

"Keempat daerah itu adalah Kota Sabang, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kabupaten Singkil dan Kabupaten Simeulue," kata Sekda Aceh dalam rapat itu.

Dikonfirmasi, Jumat, 11 Maret 2022, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Nur Afni Muliana membenarkan bahwa DD di Abdya memang belum cair.

"Iya benar," kata Nur Afni Muliana, menjawab pertanyaan reporter Opsi via sambungan telepon, Kamis, 10 Maret 2022. 

Nur Afni Muliana menerangkan, setelah mengikuti rapat dengan Sekda Aceh melalui zoom meeting pihaknya akan terus memacu percepatan pencairan DD tahap l tahun 2022.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan pencairan terkendala. Setiap desa tentu beda-beda kendalanya," kata dia.

Menurutnya, adanya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang saat ini sedang berlangsung di Abdya juga menjadi salah satu faktor penghambat pencairan DD I.

Dia melanjutkan, banyak Pj Kades masuk dalam bursa calon sehingga harus dinonaktifkan dan ditunjuk Pelaksana Harian (Plh).

"Nah, Plh kan tidak bisa mengambil kebijakan, sedangkan ada berkas yang mewajibkan dibubuhi tanda tangan Kades," ucapnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, untuk desa yang Pj Kades-nya tidak maju saat ini maka semua berkas DD sedang dalam proses pencairan.

"Intinya pencairan terus kita percepat," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya