News Rabu, 04 Mei 2022 | 22:05

Polisi Ungkap Dugaan Sementara Penyebab Puluhan Kapal Terbakar di Cilacap

Lihat Foto Polisi Ungkap Dugaan Sementara Penyebab Puluhan Kapal Terbakar di Cilacap Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto: Opsi/Antara)
Editor: Yohanes Charles

Semarang - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi mengungkapkan dugaan sementara penyebab terbakarnya puluhan kapal di Cilacap.

Menurut Ahmad Luthfi, dugaan sementara sumber api berasal dari kegiatan salah seorang anak buah kapal (ABK) di atas kapalnya.

"Akan kami dalami. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait dengan kebakaran," kata Ahmad Luthfi saat meninjau lokasi kebakaran kapal di Cilacap, Rabu 4 Mei 2022.

Oleh karena itu, kata Lutfi pihaknya memerintahkan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng berangkat ke Cilacap untuk menyelidiki sumber api yang menyebabkan kebakaran puluhan kapal.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kata dia, diketahui bahwa kebakaran terjadi di empat titik.

"Begitu terbakar, sejumlah kapal tercerai-berai karena adanya pasang surut ombak," kata Irjen Pol. Luthfi.

Seperti diketahui sebanyak 44 kapal terdiri dari 44 kapal nelayan dan satu kapal tug boat terbakar di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Cilacap pada Selasa 3 Mei 2022.

Akibat kejadian tersebut, seorang ABK mengalami luka bakar hingga 25 persen, khususnya di wajah, leher, lengan bawah sebelah kanan dan kiri, serta punggung tungkai kanan dan kiri, sehingga harus menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Korban atas nama Yatiman 44 tahun, warga Jalan Logawa Nomor 45 RT 02 RW 03, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, diketahui terkena ledakan mesin saat bekerja di atas kapal. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya