News Senin, 18 April 2022 | 09:04

PPKM Level Dua Jawa-Bali Berakhir Hari Ini

Lihat Foto PPKM Level Dua Jawa-Bali Berakhir Hari Ini Para pengendara melintas di jalur penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jakarta. (Foto: Ist)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua untuk menangani pandemi Covid-19 di wilayah Jawa-Bali berakhir hari ini, Senin 18 April 2022.

Sebelumnya, PPKM Jawa-Bali berlangsung dua pekan, dimulai sejak 5 April 2022 lalu, sementara PPKM di wilayah luar Jawa-Bali yang dimulai pada 12 April baru akan berakhir 25 April 2022.

Pada PPKM Jawa-Bali dua pekan lalu, jumlah daerah pada Level satu mengalami kenaikan dari yang sebelumnya enam daerah menjadi 20 daerah.

Begitu juga dengan jumlah daerah pada Level dua yang sebelumnya 168 daerah naik menjadi 250 daerah.

Kenaikan jumlah daerah juga terjadi pada Level dua yaitu 99 daerah dari yang sebelumnya 83 daerah.

Kenaikan pada Level satu dan Level dua secara otomatis menurunkan jumlah daerah di Level tiga, dari yang sebelumnya 39 daerah menjadi hanya 9 daerah, dan tidak ada daerah yang berada di Level empat pada PPKM Jawa-Bali.

Pemerintah juga memberikan sedikit relaksasi. Seperti kegiatan pada pusat perbelanjaan atau mal. Kemudian restoran, rumah makan, dan kafe yang dapat beroperasi hingga pukul 20.00 waktu setempat, setelah sebelumnya maksimal hanya pukul 21.00.

Pemerintah kemudian tercatat juga memberikan relaksasi pada pertandingan olahraga.

Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir diberikan keringanan dengan diperkenankan minimal vaksin dosis kedua dan hanya menggunakan syarat antigen pada hari pertandingan. Sementara sebelumnya diberikan opsi tambahan tes PCR.

Namun di sisi lain, pemerintah juga memperketat syarat penonton. Awalnya, pemerintah tidak mengatur ketentuan vaksin Covid-19 pada penonton pertandingan olahraga.

Terkini, seluruh penonton yang hadir langsung di stadion wajib sudah divaksin booster atau vaksinasi lengkap dan hasil negatif Antigen pada hari pertandingan.

Lebih lanjut, menyusul banyaknya relaksasi yang dilakukan pemerintah, perkembangan jumlah kasus warga yang terkonfirmasi virus Corona di Indonesia memang mengalami penurunan dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laporan harian pemerintah, tercatat selama periode 4-10 April, jumlah kumulatif kasus konfirmasi Covid-19 dalam sepekan berjumlah 12.726 kasus.

Sementara pada periode 11-17 April, penambahan kasus Covid-19 mingguan menurun menjadi 7.166 kasus.

Penurunan serupa juga terjadi pada jumlah kasus kematian warga akibat Covid-19. Tercatat selama periode 4-10 April, jumlah kumulatif kasus kematian Covid-19 di Indonesia sebanyak 338 kasus.

Sementara pada periode 11-17 April, kasus Mingguan kematian menurun menjadi 240 kasus. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya