Daerah Sabtu, 26 Februari 2022 | 18:02

Ratusan Ribu Masker Dibagi Gratis di Kota Semarang

Lihat Foto Ratusan Ribu Masker Dibagi Gratis di Kota Semarang Pembagian masker oleh salah satu relawan kepada pengguna jalan di persimpangan Pasar Bunga Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Februari 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Semarang - Sebanyak 225 ribu masker dibagikan secara gratis di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Februari 2022.

Ini bagian dari upaya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di sana untuk penguatan pengendalian penyebaran Covid-19. Terutama varian omicron yang saat ini kasusnya tengah meningkat di Indonesia. 

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah mengatakan, pembagian masker ini bertujuan untuk menegakkan kedisiplinan protokol kesehatan pada titik-titik yang berpotensi terjadi penularan Covid-19. 

“Sama seperti di wilayah sebelumnya, yaitu DKI Jakarta dan Bandung, kami berharap masyarakat Jawa Tengah dapat memperkuat kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker saat melakukan aktivitas di tempat-tempat yang berpotensi terjadi transmisi Covid-19,” ujar Jarwansyah.

Jarwansyah juga menjelaskan bahwa pembagian masker ini diharapkan dapat menurunkan kasus Covid-19 di Jawa Tengah secara signifikan.

Baca juga: Hari Ini BNPB Bagikan Masker Gratis di 47 Titik Ibu Kota

“Melihat kasus Covid-19 yang meningkat di Jawa Tengah, kami berharap sosialisasi melalui pembagian masker ini dapat membantu penurunan kasus secara signifikan,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen mengatakan, masker sangat penting digunakan saat ini. Maka dari itu penting juga berbagi kepada orang yang tidak memakainya. 

“Diharapkan membawa masker lebih untuk dibagikan kepada masyarakat, kalau ada yang tidak pakai masker diberikan dan diingatkan dengan senyum," tutur Taj Yasin. 

Dirinya berpesan, agar masyarakat dalam masa pandemi ini saling menjaga antar sesama.

"Warga Jateng dan masyarakat Indonesia bisa melawan pandemi covid dengan baik,  dengan saling mengingatkan kepada sesama, jogo tonggone, kalau ada yg terpapar jangan dijauhi, justru yang terpapar menyelamatkan kita semua dengan kejujurannya," pungkasnya. 

Jumlah keseluruhan masker yang diberikan oleh BNPB sebanyak 900.000 lembar untuk Jawa Tengah yang akan didistribusikan ke kabupaten/kota, khususnya pada area perkumpulan dan interaksi masyarakat, seperti pasar, tempat wisata, dan fasilitas umum lainnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya