News Rabu, 10 Mei 2023 | 18:05

Safira Dwi Meilani Rebut Emas Pencak Silat yang Sempat Diberikan ke Vietnam

Lihat Foto Safira Dwi Meilani Rebut Emas Pencak Silat yang Sempat Diberikan ke Vietnam Safira Dwi Meilani. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Atlet Pencak Silat Indonesia Safira Dwi Meilani akhirnya dinyatakan sebagai peraih medali emas setelah sempat dinyatakan milik atlet Vietnam Hoang Hong An Nguyen.

Safira dalam pertandingan di nomor Women`s Tanding Class B pada Rabu, 10 Mei 2023 siang WIB, dinyatakan kalah oleh wasit yang memimpin pertandingan.

Memimpin raihan poin dan jauh lebih unggul dari atlet Vietnam,  18 detik sebelum pertandingan berakhir, wasit menghentikan pertandingan.

Saat itu posisinya 61 dan 43 untuk atlet Vietnam. Alasan wasit menghentikan pertandingan tidak jelas, karena Safira sendiri tidak mengajukan retired.

Safira akhirnya dinyatakan kalah dan hanya meriah perak.

BACA JUGA: Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2023, Indonesia Geser Filipina

Namun kejadian ini mendapat atensi dari kontingen Indonesia. Setelah dilayangkan protes, akhirnya beberapa jam kemudian emas diserahkan kepada Safira dan perak diberikan kepada pemain Vietnam.

"Keputusan itu berdasarkan keunggulan telak atas wakil Vietnam dengan skor 61-43 dengan sisa waktu 18 detik," terang admin Twitter Kemenpora, Rabu sore.

Ini merupakan medali emas ke-33 Indonesia. 

"Setelah melakukan banding, hasil pertandingan diputuskan bahwa Safira Dwi Meilani berhak menjadi pemenang pertandingan final cabang olahraga Pencak Silat di nomor Women`s Tanding Class B," demikin disebutkan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya