News Rabu, 25 Oktober 2023 | 12:10

SAH, Prabowo-Gibran Daftar ke KPU

Lihat Foto SAH, Prabowo-Gibran Daftar ke KPU Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Hampir pasti ada tiga pasangan capres-cawapres dalam Pilpres 2024, menyusul mendaftarnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Sebelumnya sudah mendaftar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Prabowo-Gibran mendaftar di antara para ketua umum parpol pengusung dan pendukung ke KPU, Jakarta pada Rabu sekira pukul 11.19 WIB. 

Prabowo-Gibran mengenakan kemeja senada biru muda. Kedatangan Prabowo-Gibran disambut Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan.

Prabowo-Gibran pun kemudian memasuki ruangan pendaftaran. Mereka kemudian menyerahkan dokumen pendaftaran syarat capres cawapres kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy`ari dan anggota KPU RI lainnya.

Hasyim tampak menerima dokumen persyaratan tersebut. Sesi pendaftaran ini ditutup dengan foto bersama.

Hari ini merupakan hari pendaftaran terakhir capres cawapres. KPU telah membuka pendaftaran capres cawapres sejak 19 Oktober 2023.

Sebelum mendaftar ke KPU, Prabowo-Gibran melakukan deklarasi di GBK Jakarta dihadiri ratusan pendukung dan ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju.

Saat itu, Prabowo sudah menunjuk Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju, yakni Wamen BUMN Rosan Roeslani.

Rosan awalnya dikenal sebagai pengusaha. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia/KADIN (2015-2021).

Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, Pemerintah Belgia menganugerahkannya sebagai Panglima dalam rangka Leopold Belgia sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam lebih memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Pria kelahiran Jakarta 31 Desember 1968, ini memulai perjalanan profesionalnya di bidang keuangan dan kewirausahaan. 

BACA JUGA: Gibran: Tenang Saja Pak Prabowo, Saya Sudah Ada di Sini

Semangatnya di bidang tersebut telah membawanya menduduki beberapa posisi kunci di tahap awal kariernya, seperti Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008).

Saat Pilpres 2019, Rosan pernah menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma`ruf Amin.

Dia kemudian terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama termasuk Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019- 2021). 

Dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES).

Rosan juga pernah terlibat dalam beberapa program besar yang dipimpin pemerintah, seperti Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (2021) dan Wakil Ketua COVID-19, Komite Respon dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC-PEN (2020-2021). Selain itu, Rosan juga merupakan Ketua Persatuan Angkat Besi Indonesia/PABSI sejak tahun 2015.

Rosan menempuh pendidikan S1 Keuangan di Oklahoma State University, Stillwater, Oklahoma (1988-1992) dan meraih gelar MBA dari European University, Antwerpen, Belgia (1993-1994). 

Rosan juga pernah menjadi Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat saat dilantik pada tanggal 25 Oktober 2021. Kemudian pada Juli lalu, Rosan dilantik menjadi Wamen BUMN. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya