News Kamis, 15 Desember 2022 | 14:12

Sandiaga Bilang Kemenparekraf Akan Genjot Wisman dan Wisnus Pada Nataru 2023

Lihat Foto Sandiaga Bilang Kemenparekraf Akan Genjot Wisman dan Wisnus Pada Nataru 2023 Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Tangkapan Layar)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kemenparekraf akan menggenjot kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) pada momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Sandiaga mengungkapkan hal tersebut Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kemenparekraf/Baparekraf bertema "Transformasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Inklusif dan Berkelanjutan" di Jakarta, Kamis, 15 Desember 2022.

"Target kita bulan Desember ini kita bisa menembus 620 ribu kunjungan wisman, sehingga kita akan menembus 5,2 juta target untuk tahun 2022," kata Sandiaga.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, angka 5,2 juta kunjungan wisman akan melewati target kunjungan wisman sebanyak 3,6 juta yang telah tercapai pada Oktober 2022.

"Dibandingkan batas atas target kita yang 3,6 juta kunjungan, berarti ini hampir 60-70 persen peningkatannya. Luar biasa," ujarnya.

Khusus untuk wisatawan nusantara, lanjut dia, pihaknya menargetkan pergerakan bisa mencapai 800 juta perjalanan pada tahun 2022.

"Pergerakan di libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini sangat penting untuk menyiapkan kita mencapai target 1,4 miliar pergerakan wisnus," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menyebut pemerintah baru saja meluncurkan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk menunjukkan keberpihakan terhadap pariwisata Indonesia.

Ia mengungkapkan, kampanye tersebut menargetkan agar wisatawan domestik bisa memilih destinasi pariwisata di Indonesia. Tak hanya itu, Sandiaga juga memohon agar masyarakat mau berwisata di dalam negeri.

Dia menjelaskan, Kemenparekraf sudah menyiapkan 100 paket wisata nusantara atau yang disebut 100 Pak Wisnu untuk menyambut libur akhir tahun.

Program Pak Wisnu ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pergerakan wisatawan nusantara yang pada 2023 ditargetkan mencapai 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan atau perjalanan.

Baca juga: Jelang Nataru, DPR Minta BUMN Transportasi Pastikan Kelaikan Sarana Angkutan Semua Moda

Baca juga: Ini Para Dirut BUMN Transportasi yang Dilarang Libur saat Nataru

"Bukan hanya mengimbau ya. Tapi kami sudah masuk dalam tahap begging (memohon) kepada wisatawan Indonesia, yuk kita berwisata di Indonesia," ucap Sandiaga Uno.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya