Daerah Kamis, 23 Juni 2022 | 20:06

Sapi Sembuh dari PMK di Rembang Capai 1.300 Ekor

Lihat Foto Sapi Sembuh dari PMK di Rembang Capai 1.300 Ekor Ilustrasi Sapi.(Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng).
Editor: Yohanes Charles

Rembang – Jumlah sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Rembang, semakin berkurang, seiring sembuhnya ratusan ekor sapi setiap harinya. Meski kasus PMK di Rembang masih mencapai ribuan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto, menyampaikan saat ini ada sekitar 2.700 ekor sapi yang masih terjangkit PMK.

“Sampai dengan kemarin malam 22 Juni 2022, untuk di Rembang yang masih sakit (PMK) sekitar 2.700-an, untuk yang sudah sembuh sekitar 1.300-an (ekor). Angka yang tercatat mati 15 ekor, dan yang dipotong paksa atau jagal, sekitar 34 ekor,” terangnya, saat dihubungi via telepon, Kamis 23 Juni 2022.

Baca juga:

Pertamina Apresiasi Kepolisian Banten Ungkap Praktik Curang SPBU di Kibin Serang

Polda Sumut Juara Umum Apresiasi Kreasi Setapak Perubahan Polri

Dikatakan Agus, penyebaran PMK di Kabupaten Rembang terus bertambah. Akan tetapi, bertambahnya jumlah sapi yang terjangkit PMK itu diimbangi dengan angka kesembuhan yang semakin meningkat.

“Beberapa hari kemarin, malah angka kesembuhan lebih tinggi dari yang sakit. Jadi, harapan kami yang sembuh semakin meningkat dan yang sakit mulai berkurang, sehingga melandai,” beber Agus.

Diakuinya, upaya peningkatan jumlah kesembuhan sapi yang terjangkit PMK dilakukan secara mandiri oleh masing-masing peternak. Pasalnya, sudah tidak ada APBD untuk memasok obat-obatan bagi peternak.

“Treatment rempah sama perawatan kaki dari para peternak itu sangat membantu, selain obat dari medis. Karena rempah juga bisa digunakan untuk peningkatan daya tahan tubuh sapi,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya