News Kamis, 12 Mei 2022 | 14:05

Suka Goyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin? Ini Dampaknya

Lihat Foto Suka Goyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin? Ini Dampaknya Ilustrasi pengemudi goyangkan kendaraan mobil saat isi bensin. (foto: hipwee).

Jakarta - Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengingatkan ke para pemilik kendaraan sebaiknya tidak perlu menggoyangkan mobilnya saat mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Sony menilai, menggoyangkan kendaraan pada saat mengisi BBM justru malah menimbulkan efek yang berbahaya untuk lingkungan sekitar.

"Kendaraan digoyang-goyang saat mengisi BBM, justru membuat bahan bakar yang ada di dalam akan koclak dan membuat ukurannya tidak akurat, dan kalau sampai cipratannya terbuang keluar justru membahayakan," ucap Sony kepada wartawan di Jakarta, dikutip Opsi, Kamis, 12 Mei 2022.

Sony pun mengaku tidak mengetahui secara pasti asal usul dan tradisi menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM datang darimana.

"Pada intinya, aktivitas menggoyangkan kendaraan saat ini bensin itu sama sekali tidak ada manfaatnya," ucap dia.

Sony memberikan penjelasan bahwa tangki bahan bakar yang ada di setiap kendaraan ini jangan pernah disamakan seperti perut kita yang sedang minum. Ketika bersendawa, kita isi kembali agar perut terisi sesuai dengan ukuran.

"Banyak alasan para pemilik kendaraan yang menggoyangkan kendaraan ini agar udara yang ada pada tangki ini keluar. Tangki kendaraan sudah ada saluran udara pembuangan. Jadi kita enggak usah repot keluar mobil untuk goyang-goyangin mobil," tutur dia.

Dalam hal ini, BBM yang merupakan zat cair akan dapat mengisi rongga terkecil sekalipun dalam tangki sendirinya. Sehingga, upaya untuk membuat zat cair itu mengisi seluruh rongga terkecil dengan cara menggoyangkan kendaraan pada saat mengisi itu hanya akan sia-sia dan menguras energi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya