Daerah Sabtu, 17 Agustus 2024 | 12:08

Tanamkan Kepedulian Lingkungan, Kilang Balongan Lakukan Penanaman Pohon Cemara Laut

Lihat Foto Tanamkan Kepedulian Lingkungan, Kilang Balongan Lakukan Penanaman Pohon Cemara Laut Kilang Balongan tanam penanaman pohon cemara laut.
Editor: Yohanes Charles

Indramayu – Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan mengadakan kegiatan penanaman Pohon Cemara Laut di sekitar pesisir Pantai Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis, 8 Agustus 2024.

Kegiatan yang mengusung jargon "Merangkul Alam, Membangun Masa Depan" melalui penanaman 100 Pohon Cemara Laut ini turut dihadiri oleh stakeholder Kilang Balongan, di antaranya Kuwu Balongan Radi, Ketua Kelompok Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah Wiralodra Matori beserta tim, Ketua DPC GERKATIN Kabupaten Indramayu (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Ilham Al Ghozali beserta tim, Ketua Forum Rembug Balongan (Forbal) Sumarto beserta tim. Selain unsur desa dan kelompok masyarakat, kegiatan ini turut menggandeng siswa - siswi anggota OSIS SMPN 1 Balongan.

Penanaman ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kilang Balongan dalam melestarikan alam serta mencegah terjadinya abrasi di wilayah Indramayu. Dalam sambutannya, Andromedo Cahyo Purnomo, selaku Officer 1 CSR & SMEPP PT Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaannya atas terselenggaranya acara ini tanpa kendala berarti.

Andromedo menyatakan bahwa masyarakat yang terlibat dalam penanaman pohon ini merupakan kelompok yang menyadari pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat. Oleh karena itu, selain diberdayakan melalui program daur ulang sampah, mereka juga turut serta dalam melindungi lingkungan melalui gerakan penghijauan dengan menanam pohon.

Andromedo berharap agar Cemara Laut ini nantinya dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Kuwu Balongan, Radi, juga menyampaikan rasa syukur atas program CSR yang dilaksanakan oleh Kilang Balongan. Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat, terutama dalam upaya mitigasi abrasi laut yang semakin mengancam wilayah pesisir.

Matori, Ketua Budidaya Maggot Wiralodra, turut menyatakan kegembiraannya atas kehadiran siswa-siswi SMPN 1 Balongan dalam kegiatan ini. Ia berharap para siswa-siswi tersebut dapat mengambil pelajaran berharga dalam acara ini.

Ia juga berharap siswa-siswi ini dapat menjadi duta perubahan di Indramayu serta memberikan wawasan yang lebih luas kepada teman-temannya mengenai mitigasi bencana alam seperti abrasi laut yang dapat dilakukan dengan menanam Pohon Cemara Laut.

“Saya berharap, kedepannya adik-adik dari SMPN 1 Balongan ini dapat menjadi duta perubahan bagi Kabupaten Indramayu," terang Matori.

Di lokasi terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Mohamad Zulkifli menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penanaman pohon yang di gagas Kilang Balongan ini. Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar terhadap lingkungan.

Acara ini dihadiri oleh 70 peserta dari berbagai kalangan di Indramayu dan berhasil menanam 150 bibit pohon cemara laut di sekitar bibir Pantai Wiralodra dengan jarak 3-4 meter per pohon.

Penanaman ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mencegah terjadinya abrasi laut di Pesisir Pantai Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya