Pilihan Jum'at, 02 September 2022 | 15:09

Tradisi Cukur Rambut Anak Gimbal Cikal Bakal Dieng Culture Festival

Lihat Foto Tradisi Cukur Rambut Anak Gimbal Cikal Bakal Dieng Culture Festival Cukur rambut anak dengan rambut gimbal. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Banjarnegara - Yuk, nonton festival di salah satu kompleks candi tertinggi di Indonesia, yakni Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada 2-4 September 2022. 

Penggagasnya Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Konon kabarnya menjadi festival budaya paling romantis.

1 | Ritual sakral cukur rambut gimbal

Pernah dengar atau baca tentang tradisi cukur rambut anak gimbal yang dilakukan oleh masyarakat di kawasan Dieng? 

Nah, upacara adat itulah yang jadi cikal bakal lahirnya Dieng Culture Festival pada tahun 2009 dan kemudian menjadi salah satu ikon dari perhelatan akbar ini.

Puluhan ribu orang sudah pernah melihat prosesi uniknya. Sekarang giliran kamu untuk ikut merasakan sendiri suasana penuh sukacita dalam ritual yang digelar setahun sekali ini. 

2 | Konser Jazz Atas Awan pada ketinggian 2093 mdpl

Ini dia agenda lain yang selalu sukses menyedot perhatian publik dan tiketnya selalu ludes terjual.

Apa lagi kalau bukan Jazz Atas Awan. Yuk, segera amankan tiketmu untuk mendapatkan pengalaman menikmati konser musik di atas ketinggian 2.093 mdpl berbalut dinginnya udara Dieng.

Momen ini bakal terasa makin sempurna karena line-up yang istimewa. Ada Andien, Budi Doremi, Deni Caknan, Marcel, Souljah, Stars & Rabbit, dan sederet musisi lainnya. Mereka siap mengajakmu bernyanyi lagu-lagu cinta.

3 | Terbangkan lampion di tengah malam dan nonton warna-warni kembang api

Nah, yang akan bikin suasana di Dieng Culture Festival 2022 makin manis dan romantis adalah agenda Gebyar Lentera pada hari pertama, 2 September 2022. 

Kamu dan pasanganmu bakal diajak untuk menerbangkan lampion pada tengah malam sambil diiringi lagu-lagu romantis. 

Terbangkan lampion di tengah malam dalam Dieng Culture Festival. (Foto: Kemenparekraf)

Malam kedua Dieng Culture Festival 2022 juga nggak kalah sweet. Ada Dieng Firework. Kamu bisa menyaksikan pesta kembang api sambil menggenggam tangan orang yang tersayang. 

4 | Eksotisnya pentas seni yang berpadu dengan lanskap alam khas dataran tinggi

Pada hari pertama, panggung kesenian akan dimeriahkan oleh penampilan ragam tari-tarian, termasuk persembahan istimewa dari anak gimbal. 

Pada hari kedua, kamu harus menyiapkan lebih banyak energi karena agendanya bakal cukup padat. 

Dimulai dari arak-arakan dan kirab budaya, upacara cukur rambut anak gimbal, pagelaran kesenian lokal, hingga Fashion Show Indonesia Berkebaya. 

Pastikan kamu enggak melewatkan juga agenda Kongkow Budaya yang dijadwalkan pada hari terakhir Dieng Culture Festival 2022.

5 | Cuci mata sambil belanja di area bazar produk UMKM

Datang ke event ini tanpa belanja cinderamata, rasanya seperti ada yang kurang. Jadi, sempatkan untuk keliling di area Festival UMKM dan nyari produk-produk lokal yang bisa kamu jadikan kenang-kenangan ataupun oleh-oleh.

Kamu suka ngopi? Sudah pernah icip-icip kelezatan kopi Dieng belum? Kalau belum, ayo ramaikan Festival Kopi yang juga akan hadir selama tiga hari berturut-turut. 

Jangan lupa beli karena dengan membeli produk mereka berarti kamu sudah mendukung pertumbuhan ekonomi dan bahkan bisa memperluas lapangan kerja.

6 | Eksplorasi pesona Candi Arjuna dan spot wisata di dekatnya

Selain Candi Arjuna, di dekat lokasi penyelenggaraan Dieng Culture Festival ada beberapa candi lain yang nggak kalah unik dan menarik. 

Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada 2-4 September 2022. (Foto: Kemenparekraf)

Sebut saja Candi Dwarawati, Candi Semar, Candi Gatotkaca, dan Candi Sembadra. Mumpung lagi di sana, kamu bisa sekalian mengeksplorasi semua peninggalan bersejarah itu. 

Yuk, singgah juga ke Museum Kailasa yang jaraknya sekitar 500 meter dari Candi Arjuna. Di sini, kamu bisa cari tahu banyak hal terkait sejarah, budaya, hingga flora dan fauna di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Ayo ikut jadi bagian dari selebrasi yang merangkul sanggar, seniman, komunitas, hingga pelaku UMKM agar bangkit lagi.

Ajak pasangan, teman-teman, atau keluargamu untuk menikmati pesta budaya khas Negeri di Atas Awan selama tiga hari berturut-turut. [Kemenparekraf]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya