News Rabu, 28 September 2022 | 17:09

Vaksin Primer Dewasa, BPOM: IndoVac dari Bio Farma dengan BMC Sudah Dapat UEA

Lihat Foto Vaksin Primer Dewasa, BPOM: IndoVac dari Bio Farma dengan BMC Sudah Dapat UEA Ilustrasi vaksin Covid-19. (Fto: Ist)

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menerbitkan izin edar darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin dalam negeri produksi PT Bio Farma, IndoVac.

Demikian disampaikan Kepala BPOM Penny K Lukito saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI di Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

"Vaksin dalam negeri IndoVac yang dari Bio Farma dengan Baylor College of Medicine (BCM) itu sudah dapat EUA untuk vaksin primer dewasa," kata Penny seperti dikutip Opsi, Rabu, 28 September 2022.

IndoVac ini, lanjutnya, menjadi vaksin Covid-19 kedua buatan dalam negeri yang memperoleh EUA BPOM RI, selain vaksin berplatform mRNA produksi PT Etana.

Sementara, Vaksin InaVac produksi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang bekerja sama dengan peneliti Universitas Airlangga masih berupaya merampungkan proses uji klinik fase akhir vaksin primer dan booster.

Dia mengungkapkan, EUA Vaksin IndoVac menjadi syarat yang harus ditempuh produsen sebelum dirilis kepada masyarakat.

Selain itu, EUA juga menjadi tiket lanjutan untuk uji klinik dosis penguat atau booster.

Menurut dia, Vaksin IndoVac juga telah menerima sertifikasi halal dari otoritas berwenang di Indonesia setelah melalui rangkaian pemeriksaan proses produksi.

"Semua vaksin dalam negeri adalah vaksin halal. Termasuk yang Etana yang mRNA juga halal," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menyatakan kesiapan pihaknya memproduksi 20 juta dosis vaksin IndoVac, untuk tahap awal.

Pada tahun 2023, jumlah tersebut dapat dinaikkan menjadi 40 juta dosis dengan penambahan fasilitas produksi.

Selanjutnya, kapasitas produksi bisa dinaikkan lagi menjadi 100 juta dosis per tahun pada 2024, tergantung pada kebutuhan dan permintaan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya