Daerah Kamis, 24 Maret 2022 | 12:03

Ada Bom di Pelabuhan Ajibata Danau Toba, Tim Gegana Brimob Bergerak Cepat

Lihat Foto Ada Bom di Pelabuhan Ajibata Danau Toba, Tim Gegana Brimob Bergerak Cepat Personel Gegana Brimob sedang melakukan penjinakan bom di Pelabuhan Ajibata, Danau Toba, 23 Maret 2022. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Parapat - Satu tim personel Gegana dari Satuan Brimob bergerak dengan cepat ke sebuah lokasi di kawasan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu, 23 Maret 2022.

Dengan membawa peralatan lengkap, mereka akan menjinakkan sebuah benda mirip bom yang dilaporkan aparat setempat. 

Benda dimaksud terletak di sekitar dermaga, Kawasan Danau Toba.

Sedikitnya 45 personel dikerahkan. Mereka berasal dari Brimob Mabes Polri bersama Tim Penjinakan Bom Brimob Polda Sumut dan dibantu personel dari Polres Toba.

Tidak lama kemudian, petugas berhasil mengevakuasi benda yang dicurigai bom tersebut. 

Penjinakan bom dipimpin Komandan Satuan Pasukan Penjinak Bom Korps Brimob Polri Kombes Pol M Ridwan.

Dia menyebut, aksi Gegana tadi merupakan simulasi penanganan bom di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba.

Simulasi juga dihadiri Danden Gegana Brimob Polda Sumut Kompol Hendriyanto dan Kasubden Jibom Detasemen Gegana AKP Sardi.

Baca juga: Warga Kalukku Barat, Mamuju Diserang Penyakit Gatal-gatal

Kata Ridwan, dalam simulasi tersebut, petugas penjinak bom memperagakan adanya ancaman bom di Pelabuhan Ajibata.

Ridwan menyampaikan bahwa kegiatan simulasi teknik menjinakkan bom melibatkan 45 personel penjinak bom dari seluruh Indonesia.

“Tujuan simulasi, selain untuk share informasi dengan instansi pemerintahan di setiap daerah, juga bertujuan untuk latihan bersama antara teknisi penjinak bom dari seluruh Indonesia agar satu persepsi ketika menghadapi situasi yang nyata,” terang Ridwan dilansir dari situs Brimob Sumut.

Ridwan juga menjelaskan, bahwa latar belakang pemilihan lokasi simulasi untuk menjinakkan bom di Dermaga Ajibata seiring dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Karena pernah ada memori kejadian bom di Sumatera Utara, Sibolga dan Polrestabes Medan.

Koordinator Pelabuhan Ajibata Rijaya Simarmata mengapresiasi simulasi menjinakkan bom yang dilakukan oleh personel Gegana di Pelabuhan Ajibata.

“Kami mengapresiasi simulasi karena Dermaga Ajibata salah satu objek vital di Destinasi Pariwisata Danau Toba dengan berbagai pengunjung,” katanya.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya