News Kamis, 24 Maret 2022 | 11:03

KOBAR Humbahas Gelar Dialog dan Penandatanganan Petisi Desak MPR Lakukan Amandemen UUD 1945 Presiden Tiga Periode

Lihat Foto KOBAR Humbahas Gelar Dialog dan Penandatanganan Petisi Desak MPR Lakukan Amandemen UUD 1945 Presiden Tiga Periode Masyararakat Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumatra Utara setelah menandatangani dukungan Jokowi Presiden 3 periode. (foto: dok. Opsi).

Jakarta - Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) melakukan dialog bersama masyarakat dan generasi muda di Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan tema `Percepatan Pembangunan Kawasan Danau Toba di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo`, pada Sabtu, 19 Maret 2022.

Dalam kegiatan tersebut, salah satu Deklarator Nasional KOBAR, Sahat Martin Philip Sinurat menjelaskan tentang kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi memiliki visi membangun Indonesia sentris.

"Salah satu daerah yang diperhatikan beliau adalah KDT (Kawasan Danau Toba). KDT dijadikan salah satu objek wisata prioritas, bahkan dalam setahun, beliau bisa berkali-kali mengunjungi Sumatra Utara," kata Sahat dalam keterangan tertulis dikutip Opsi, Kamis, 24 Maret 2022.

Baca jugaKOBAR Ajak Warga Taput Gunakan Media Sosial untuk Sebarluaskan Aspirasi Jokowi Satu Periode Lagi

Sahat menjelaskan, selain membangun KDT, banyak kebijakan dan agenda pembangunan yang sudah dan masih dikerjakan oleh Presiden Jokowi hingga akhir periode keduanya. Antara lain, jaminan pendidikan dan kesehatan, pembangunan jalan tol, ibu kota baru, kawasan industri, pembangunan desa dan daerah tertinggal, serta berbagai agenda pembangunan Indonesia Sentris lainnya.

"Satu agenda penting yang juga dicanangkan oleh Jokowi adalah pembangunan SDM yang salah satu programnya melalui manajemen talenta Indonesia untuk generasi muda kita. Sayangnya pandemi Covid-19 membuat program ini agak tertahan. Karena itu, KOBAR mendukung Bapak Jokowi satu periode lagi, agar semua program di atas tadi, terkhusus pembangunam SDM bisa dituntaskan," ujar Sahat.

Baca jugaKOBAR: Aspirasi Rakyat Soal Jokowi 3 Periode Tak Langgar Konstitusi

Sementara, Koordinator KOBAR Sumatra Utara, Swangro Lumbanbatu mengajak para pemuda dan masyarakat Humbahas agar tidak takut dan khawatir menyuarakan dukungan kepada Presiden Jokowi untuk bisa maju lagi di periode ketiga.

"Kedaulatan ada di tangan rakyat, bukan elite politik. Seharusnya para elite politik, terkhusus anggota DPR dan DPD RI dari Sumatra Utara mendengar aspirasi rakyat ini. KOBAR siap mengawal aspirasi kepada MPR untuk melakukan amendemen UUD 1945 terkait periodisasi Presiden diubah menjadi tiga periode,” kata Swangro.

Pada kesempatan itu, Deklarator Nasional Arnold L Panjaitan mengajak masyarakat Humbahas untuk menandatangani petisi yang berisikan permintaan kepada MPR untuk melakukan pembahasan terkait amendemen UUD 1945 mengenai masa jabatan Presiden yang saat ini dibatasi dua periode menjadi tiga periode.

“Kita harus menyuarakan dan mengingatkan anggota DPR dan DPD yang berasal dari Sumatra Utara untuk mendorong amendemen UUD 1945. Mereka harus melihat bahwa rakyat berada di belakang mereka,” ujarnya.

Acara Dialog ditutup dengan pembacaan deklarasi dan penandatanganan petisi yang dilakukan di lokasi kegiatan dan di beberapa ruas jalan di Dolok Sanggul, Humbahas. Terlihat animo yang sangat besar dari masyarakat Humbahas terkait dukungan kepada Jokowi untuk bisa menjadi presiden tiga periode. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya