Daerah Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:08

Ada Program TMMD, Suasana Desa Kaye Aceh di Abdya Lebih Hidup

Lihat Foto Ada Program TMMD, Suasana Desa Kaye Aceh di Abdya Lebih Hidup Anggota Kodim 0110 Abdya sedang menyelesaikan pembangunan pembukaan jalan baru. Foto: Opsi/istimewa.

Aceh Barat Daya - Keberadaan pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sedang menyelesaikan pengerjaan yang tertuang dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-114 Kodim Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Kecamatan Lembah Sabil, membuat suasana desa di kecamatan itu menjadi lebih hidup.

Lalu-lalang personel TNI baik yang berpakaian dinas maupun berpakaian layaknya masyarakat biasa membuat suasana desa terasa ramai dari sebelumnya.

Masyarakat menyambut baik kehadiran TNI yang saat ini sedang menyelesaikan sejumlah kegiatan dalam Program TMMD di desa itu.

Dampak lain juga terasa pada ekonomi masyarakat. Penghasilan masyarakat yang membuka warung kopi dan kios-kios meningkat selama program TMMD berlangsung di dua desa dalam kecamatan itu, yakni Desa Kaye Aceh dan Desa Suka Damai.

Misalnya Safruddin, pemilik warung kopi di desa itu mengaku selama program TMMD berjalan, banyak personel TNI di desanya jajan, sehingga tingkat penjualan lebih tinggi dari sebelumnya dan warung terasa lebih ramai.

"Lebih ramai saja sekarang. Bapak-bapak TNI kerap ngopi di sini," kata Safaruddin, Minggu, 14 Agustus 2022.

Dia beryukur dengan itu. Katanya banyak manfaat yang timbul dari program TMMD itu. Di antaranya, ekonomi masyarakat meningkat. Para petani, kata dia, sudah lebih rajin merawat kebun karena sudah ada akses.

"Kalau dulu belum ada jalan, petani kita jalan kaki. Maka banyak yang menelantarkan kebunnya," ucapnya.

"Sekarang sudah rajin. Kalau kebun terawat tentu hasil panen bagus sehingga para petani punya pengahsilan bagus," ujar dia lagi.

Menurut dia, yang menjadi PR masyarakat sekarang adalah merawat. Bagaimana fasilitas yang sudah dibangun itu bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Sekarang tugas kita merawat, jangan sampai TNI membangun kita masalah merusak, dan ini PR kita bersama," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya