Daerah Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:08

Satgas TMMD Kodim 0110 Abdya Berikan Penyuluhan Kesehatan

Lihat Foto Satgas TMMD Kodim 0110 Abdya Berikan Penyuluhan Kesehatan Penyuluhan kesehatan bagi masyarakat lewat program TMMD di Abdya. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-114 Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh memberikan penyuluhan kesehatan bagi Masyarakat Desa Kaye Aceh dan Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil.

Penyuluhan kesehatan ini meliputi stunting, keluarga berencana (KB), dan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di dua desa yang merupakan target pelaksaan TMMD tahun ini.

Dandim 0110/Abdya yang juga Dansatgas TMMD Reguler 114, Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pasiter Kapten Inf Azwani mengatakan pelaksanaan penyuluhan kesehatan tersebut merupakan bagian dari sasaran non fisik pelaksanaan TMMD.

Dia menyebut, dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4), bahkan Indria Astuti yang juga Ketua Persit KCK Cabang XXXII Kodim 0110/Abdya ikut menjadi pemateri.

Terkait hal itu, dia meminta kepada warga untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan penyuluhan itu dan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan lingkungan rumah.

Selain itu, sambungnya, menjaga pola makan juga penting agar tidak mudah terkena penyakit.

Seperti diketahui, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

"Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru tampak setelah bayi berusia 2 tahun. Maka dari itu kami berharap kepada para warga, dengan adanya penyuluhan ini dapat memberikan ilmu tentang pola hidup sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga warga akan selalu sehat," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya