Daerah Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:08

Program TMMD Kodim 0110 Abdya Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Lihat Foto Program TMMD Kodim 0110 Abdya Dongkrak Ekonomi Masyarakat Petani Desa Kaye Aceh Kecamatan Lembah Sabil Abdya, Rizwan. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Masyarakat Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh berterima kasih atas penempatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-114 Kodim 0110 di kecamatan tersebut.

Warga menilai, beberapa program TMMD Kodim 0110 Abdya yang saat ini sedang berjalan dianggap dapat meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat kecamatan setempat dan sekitarnya.

"Kami sangat terbantu. Banyak program dalam TMMD ini yang fokusnya kepada infrastruktur sehingga dapat meningkatkan ekonomi kami masyarakat petani," kata Rizwan, salah satu petani di Desa Kaye Aceh Kecamatan Lembah Sabil, Kamis, 11 Agustus 2022.

Dia berujar, walau seluruh kegiatan dalam program TMMD ini belum selesai 100 persen, namun masyarakat sudah bisa merasakan manfaatnya. Di mana kegiatan para petani sudah didukung dengan akses yang mumpuni.

"Bagaimana kami tidak gembira, dari dulu belum ada jalan sekarang sudah ada jalan. Ini tentu menambah semangat kami untuk terus merawat kebun agar menuai hasil panen yang sempurna," sebutnya.

Dia mengatakan, dengan akses yang sudah mumpuni tentu dapat mendukung wacana-wacana petani tentang apa saja tanaman yang bisa dibudidaya, baik itu tanaman jangka panjang, maupun jangka pendek.

"Kalau tidak ada akses tentu kita harus berpikir panjang tentang tanaman apa yang ingin dibudidayakan, kalau tanaman yang harus sering dijaga itu menjadi beban karena tentu harus sering berada di kebun dengan akses yang memprihatinkan akan sangat membuat petani terbebani," tuturnya.

Terpisah, petani bernama Usmadi berkata dirinya bersama sejumlah petani lainnya dan masyarakat umum sudah sangat terbantu dengan ditempatkannya TMMD di kecamatan itu. Hal ini karena banyak kegiatan yang menyentuh masyarakat miskin.

"Contoh saja bedah rumah, pembukaan jalan baru dan beberapa kegiatan lain yang langsung menyentuh masyarakat umum. Terima kasih bapak TNI," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya