News Selasa, 14 Desember 2021 | 21:12

Ahmad Basarah: Pemberantasan Mafia Tanah Harus Dari Hulu

Lihat Foto Ahmad Basarah: Pemberantasan Mafia Tanah Harus Dari Hulu Wakil Ketua MPR RI sekaligus Anggota Komisi X DPR RI Ahmad Basarah. (foto: ist).

Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengharapkan upaya pemberantasan atau memutus ekosistem dan episentrum mafia tanah oleh pemangku kepentingan harus dilakukan dari hulunya agar proses selanjutnya dapat berjalan.

“Hulunya adalah bagaimana seluruh pemangku kepentingan di tingkat negara memiliki good will (kemauan baik), political will (kemauan politik), serta aksi untuk menjamin kepastian hukum dan keadilan bagi warga masyarakat pemilik tanah agar tidak menjadi mangsa para mafia tanah,” kata Ahmad Basarah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021.

Hal tersebut dikemukakan Basarah dalam seminar nasional bertajuk “Refleksi Akhir Tahun, Memutus Ekosistem dan Episentrum Mafia Tanah” di Jakarta, Selasa hari ini.

Salah satu pangkal pokok masalah tanah, kata Basarah, adalah persoalan administrasi pertanahan.

Oleh karena itu, menurutnya, upaya Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) merevisi prosedur pendaftaran tanah patut didukung.

"Upaya Kementerian ATR/BPN yang hendak merevisi prosedur pendaftaran tanah patut didukung. Misalnya, melalui digitalisasi dokumen tanah serta pembenahan peta pendaftaran tanah,” ujar dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya