Hiburan Senin, 10 Januari 2022 | 10:01

Aktor Leonardo DiCaprio Diabadikan Jadi Nama Pohon di Kamerun

Lihat Foto Aktor Leonardo DiCaprio Diabadikan Jadi Nama Pohon di Kamerun Leonardo DiCaprio. (Foto: Twitter/LeoDiCaprio)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Nama bintang film Leonardo DiCaprio resmi diabadikan sebagai nama spesies pohon baru yang ditemukan di Kamerun. Hal itu, dilakukan demi menghargai upaya sang aktor yang terbilang vokal memperjuangkan kelestarian alam.

Laman USA Today melaporkan, peneliti di Royal Botanic Gardens of Kew, London menamai pohon tersebut sebagai Uvariopsis dicaprio, dengan mengambil nama belakang sang aktor.

"Kami pikir (DiCaprio) krusial dalam membantu menghentikan penebangan hutan Ebo," kata Dr. Martin Cheek, dikutip Opsi pada Senin, 10 Januari 2022.

Pohon Leo ini baru ditemukan dan hanya tumbuh di hutan Kamerun sehingga terancam punah. Pohon cemara kecil ini punya bunga kuning yang tumbuh di batangnya dan dianggap sebagai anggota tanaman kenanga.

Hutan Ebo sendiri merupakan salah satu hutan hujan terbesar di Afrika Tengah yang akan ditebang sebelum DiCaprio menggunakan media sosial untuk menyuarakan diri dalam menentang inisiatif itu, di tengah para pakar internasional menulis surat kepada pemerintah mendokumentasikan pelestarian flora dan fauna.

Selain flora dan fauna unik di hutan, gorila, simpanse dan gajah juga hidup di sana. Pohon Leo adalah tanaman pertama yang dinamakan oleh peneliti Kew pada 2022.

Pemenang Oscar DiCaprio telah lama vokal soal perubahan iklim dan lingkungan. Dia baru-baru ini membintangi film Netflix Don`t Look Up yang mengisahkan akhir dunia dari komet mematikan yang menuju planet.

Baca juga: Bintang Drakor Shin Min Ah Sumbang Donasi Senilai Rp 2,4 M

Baca juga: Bintang K-Pop IU Sumbangkan Duit Rp 2,3 M ke Anak-anak Miskin

Yayasan DiCaprio yang dibangun sejak 1998 telah melindungi gajah di Afrika hingga menjaga beberapa habitat alami California. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya