News Kamis, 23 Februari 2023 | 18:02

Anies Baswedan Terima Peci Pencapresan dari Presiden PKS

Lihat Foto Anies Baswedan Terima Peci Pencapresan dari Presiden PKS Anies Baswedan terima peci dari Presiden PKS, Kamis, 23 Februari 2023. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Anies Baswedan menerima sebuah peci sebagai simbol dirinya dicalonkan atau diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pilpres 2024. 

Peci disematkan ke kepala Anies oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu selepas dirinya mengumumkan nama Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal capres usungan PKS.

Setelah itu, dilakukan pula prosesi pelepasan tirai billboard di depan markas dakwah PKS di Jakarta. Billboard merupakan gambar Anies Baswedan sebagai capres PKS.

Sebelumnya Ahmad Syaikhu menyampaikan tentang hasil keputusan Musyawarah Majelis Syura (MMS) ke-8.

Dikatakannya, sosok yang akan diusung PKS sebagai bakal capres adalah berkarakter nasional religius. 

Sosok itu juga adalah simbol perubahan. Di mana kebaikan-kebaikan yang ada hari ini akan dilanjutkan. Kemudian melakukan inovasi perubahan menuju pada kesempurnaan.

"Dan ketiga adalah memiliki peluang menang besar," katanya. 

Disebutkan, proses MMS mengerucut pada sosok yang dimaksud pada MMS yang ke-7, yaitu jatuh pada Anies Rasyid Baswedan.

"Kami memandang bahwa tiga parameter yang menjadi guidance pada MMS ke-7 itu dimiliki oleh Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu.

Kata dia, Anies adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis religius bahkan punya darah biru, karena kakek Anies adalah pahlawan nasional, yakni AR Baswedan.

BACA JUGA: PKS Resmi Usung Anies Baswedan sebagai Capres 2024

"Jadi kita yakin, darah biru dari kakek beliau ini sebagai pejuang yang mendapat gelar pahlawan nasional akan menurun dan diwarisi oleh Anies Baswedan," ungkapnya.  

Dikatakan, Anies juga sosok pemimpin yang bisa memadukan antara nilai-nilai nasionalisme dengan religiusitas menjadi satu kesatuan yang padu dan utuh tidak terpisahkan. 

Agama menjadi inspirasi bagi nasionalisme, dan nasionalisme memuliakan peran-peran agama.

"Ketiga, kami menilai Anies Baswedan sosok pemimpin dengan rekam jejak yang mumpuni dan menjadi simbol perubahan bagi kemajuan pembangunan. Itu sudah dibuktikan ketika membangun DKI Jakarta," tuturnya.

"Saya yakin betul bahwa Anies Baswedan tidak hanya memiliki kapasitas dan integritas, tapi juga memiliki peluang menang yang besar dalam kontestasi Pilpres 2024," sambungnya.

Syaikhu kemudian berpesan kepada pengurus PKS di mana pun berada di Tanah Air dan juga keluarga besar PKS, dia ingatkan tiga hal.

Pasca keputusan MMS ke-8, dia menginstruksikan kepada struktur, anggota, dan simpatisan PKS di seluruh Indonesia untuk mengenalkan dan mensosialisasikan Anies Baswedan ke seluruh pelosok penjuru negeri sebagai bakal capres Indonesia yang diusung oleh PKS. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya