News Jum'at, 03 Desember 2021 | 14:12

Banggar DPR RI Minta Dana Otsus Aceh Diteruskan

Lihat Foto Banggar DPR RI Minta Dana Otsus Aceh Diteruskan Ilustrasi Dana Otsus.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Muhidin Muhammad Said mengungkapkan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Aceh layak dilanjutkan karena sangat berkontribusi terhadap pembangunan di Aceh.

Hal ini disampaikannya usai berdiskusi dengan Gubernur Aceh dan para bupati/wali kota se-Aceh, di Pendopo Gubernur Aceh, Kamis, 2 Desember 2021. 

"Dana Otsus Aceh telah memberikan kontribusi bagi pembangunan Aceh layak untuk diteruskan," kata Muhidin seperti dikutip Opsi.id, Jumat, 3 Desember 2021.

Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut berharap agar Pemda Aceh mempersiapkan laporan dan evaluasi Otsus dengan baik.

"Pemprov Aceh harus bisa meyakinkan bahwa pemanfaatan Dana Otsus benar benar memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh," ujarnya.

Di lokasi serupa, anggota Banggar DPR RI dari dapil Aceh HM. Salim Fakhry dan Nasir Jamil berkomitmen untuk mengusulkan kepada DPR RI agar segera memulai pembahasan Dana Otsus, sehingga kesinambungan pembangunan yang menggunakan Dana Otsus bisa terus berlanjut.

"Kami percaya pemerintah arief dan bijaksana dalam memandang keberlanjutan Dana Otsus bagi Aceh," tutur Salim.

Senada dengan usulan itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan akan mempersiapkan laporan yang terkait dengan penggunaan Dana Otsus selama ini, termasuk juga hasil evaluasi pemerintah daerah.

"Bahkan kami siap jika Pemerintah merubah pola pengalokasian dana yang berbasis proyek," kata Nova.

Terkait dengan Otsus, Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti menjelaskan agar pemerintah daerah segera mengajukan usulan perpanjangan Dana Otsus.

"Kami berharap Pemerintah Aceh bisa meyakinkan dan menunjukkan kinerja pengelolaan Dana Otsus lebih baik, sehingga bisa membantu daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ucap Astera.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya