Daerah Rabu, 09 Maret 2022 | 19:03

Banjir Bandang di Banggai Sulawesi Tengah, 8 Rumah Rusak

Lihat Foto Banjir Bandang di Banggai Sulawesi Tengah, 8 Rumah Rusak Kondisi rumah terdampak banjir bandang di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu, 9 Maret 2022. (Foto: BPBD Kabupaten Banggai)
Editor: Tigor Munte

Jakarta Banjir bandang melanda Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada Selasa, 8 Maret 2022 malam. Banjir terjadi pascameluapnya Sungai Dondo usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah tersebut. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai melaporkan  hingga Rabu, 9 Maret 2022 tercatat delapan rumah di Desa Dondo, Kecamatan Balantak mengalami rusak pascakejadian.

Selain itu berdampak pada 17 kepala keluarga. Belum ada laporan adanya korban jiwa dan mengungsi akibat dari peristiwa tersebut. 

Untuk melakukan penanganan bencana, BPBD Kabupaten Banggai bersama TNI/Polri dan relawan, melakukan kaji cepat, pendataan dan pengamanan di sekitar lokasi kejadian. 

Kondisi rumah terdampak banjir bandang di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu, 9 Maret 2022. (Foto: BPBD Kabupaten Banggai)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Banggai dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah lainnya pada Rabu, 9 Maret hingga Jumat, 11 Maret 2022. 

Menyikapi adanya potensi hujan intensitas sedang hingga tinggi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, agar tetap waspada jika terjadi hujan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam. 

"Masyarakat di sepanjang aliran sungai agar mewaspadai kenaikan debit air yang berpotensi menyebabkan banjir susulan," kata Abdul Muhari selaku Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya