Pilihan Selasa, 07 Juni 2022 | 18:06

Belum ke Kota Padangsidimpuan Sumut Kalau Belum Makan di Sini

Lihat Foto Belum ke Kota Padangsidimpuan Sumut Kalau Belum Makan di Sini Holat, makanan khas Tabagsel, Sumatra Utara. (Foto: steemit.com)
Editor: Tigor Munte

Medan - Kalau kalian ke Padangsidimpuan, Sumatra Utara, harus mencicipi makanan enak di sana. Entah apapun kegiatan, sempatkan acara makan.

Tinggal memilih makanan sesuai selera. Tentu ada pula kuliner khas lokal di sana yang wajib kalian coba rasanya, seperti Holat.

Untuk tidak bingung memilihnya, dilansir dari laman marhatahata.com, dirangkum beberapa rumah makan yang makanannya enak dan lezat di kota yang dikenal penghasil buah salak itu.

1. RM Batunadua Indah

Ini rumah makan menyediakan menu khas lokal, seperti Holat, Ikan Nila Bakar, Sambal Tuktuk,  Ikan Sale Gule, Sop Sapi, dll.

Lokasinya cukup mudah diakses, karena terletak di Jalan Raja Inal Siregar Nomor 15, Batunadua Jae, Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. 

Rumah makannya persis di jalan lintas Medan-Padang. 

2. RM Angin Berhembus 

Rumah makan ini juga menyediakan menu khas setempat dan tentu dijamin halal. Ada Sop Kikil, Sop Daging Sapi, Ayam Kampung Gule, Rendang, Ikan Sale, Sambal Tuktuk, Ubi Tumbuk Gule, dan lainnya.

Lokasinya gampang ditemukan, yakni di Jalan Sudirman, Losung Batu, Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. 

Berada persis di jalan lintas Padangsidimpuan-Sibolga. 

3. RM Porang 

Ini rumah makan hanya menyediakan empat menu khasnya untuk pengunjung, yakni Gule Telur Ikan Mas, Ikan Mas Gule, Telur Dadar, dan Rendang Belut.

Berada di jalan lintas Mandailing, Saba Bolak, Kota Padangsidimpuan. Persisnya di jalan lintas Padangsidimpuan-Panyabungan. 

4. RM Permata Sari 

Ini asyik rumah makannya. Soalnya ada menu seperti Rendang Jengkol, Ikan Sale Gule dan goreng, Sop Daging Sapi, Rendang Daging, dan Gule Ubi Tumbuk

Berada di Jalan Sudirman, Timbangan, Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. 

5. RM Sinar Surya 

Lokasinya berada di Kelurahan WEK I, Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Menawarkan sajian khas Tapanuli Bagian Selatan seperti Holat, Ikan Sale Gule dan goreng, Sop Daging Sapi, Cincang Kambing, dan lainnya.

Holat

Ini adalah makanan khas dari Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Sudah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda 2017 dari Sumatra Utara.

Data diperoleh dari http://kebudayaan.kemdikbud.go.id, makanan khas ini bisa ditemukan di Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kemudian di Kota Padangsidimpuan; Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu; Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Terus di Aek Kanopan, Kabupaten Labuhan Batu Utara; dan tentu di Kota Medan.

Holat, nama hidangan ini berasal dari kata holat yang berarti kelat, yaitu rasa yang terkandung dalam bumbu utama untuk kuah siraman, potongan pakkat atau tunas rotan yang memang kelat. 

Bumbu utama Holat berasal dari kulit bagian dalam tanaman Balakka (Phyllanthus emblica L.) yang diserut tipis lalu direndam air hangat lalu diperas dua-tiga kali penapisan untuk mendapatkan kaldu yang dinamai Holat.

Kaldu yang ditambahkan sekerat jahe, irisan bawang, garam dan serutan holat sisa penapisan, dijadikan kuah untuk ikan mas atau jurung (ikan endemik yang rasanya manis dari sungai-sungai di Padang Bolak), yang sudah dipanggang setengah matang agar rasa manis ikan tetap terasa. 

Hidangan sebagai lauk ini disajikan dengan tambahan potongan pakkat, taburan tepung beras sangrai dan gilingan halus cabai mentah. Kadang petai atau jengkol mentah turut disajikan sebagai pendamping. []

 

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya