Daerah Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:08

Beraksi di Stadion Harapan Bangsa, Rara Pawang Hujan Dipulangkan dari Aceh

Lihat Foto Beraksi di Stadion Harapan Bangsa, Rara Pawang Hujan Dipulangkan dari Aceh Pawang hujan Rara Istiani Wulandari alias Mbak Rara tengah bekerja di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. (Foto:Istimewa)

Aceh - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Safrizal ZA angkat bicara menyoal video viral yang memperlihatkan pawang hujan Rara Istiani Wulandari alias Mbak Rara tengah bekerja di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Dipantau pada Kamis, 29 Agustus 2024, Rara terlihat sedang berjalan di pinggir stadion dengan membawa alat yang biasa dipakainya saat bekerja sebagai pawang hujan.

Berbagai kalangan pun menyebut bahwa apa yang dilakukan Rara itu tidak sesuai dengan syariat Islam di Aceh.

Tak lama video itu beredar, Pj Gubernur Aceh Safrizal memanggil penanggung jawab proyek renovasi stadion tersebut, yakni PT Wijaya Karya Gedung (Persero) Tbk dan PT Nindya Karya (Persero), KSO.

Dalam pertemuan itu, pihak perusahaan menjelaskan bahwa kehadiran pawang hujan tersebut adalah inisiatif dari pekerja proyek.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hujan yang dapat mengganggu pekerjaan di stadion. Namun, inisiatif ini diambil tanpa mempertimbangkan sensitivitas masyarakat Aceh.

Setelah dilakukan berbagai pembahasan, Safrizal meminta perusahaan memulangkan Rara melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang.

Safrizal juga meminta perusahaan untuk mengklarifikasi kejadian tersebut dan menyampaikan permohonan maaf kepada publik.

"Aceh adalah daerah yang sangat menjaga nilai-nilai keislaman, setiap kegiatan yang bertentangan dengan nilai-nilai tersebut harus dihentikan," kata Safrizal seperti mengutip keterangannya, Kamis, 29 Agustus 2024.

Sementara, Kepala Bidang Upacara PB PON Wilayah Aceh, Akkar Arafat menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengundang atau mendatangkan pawang hujan ke SHB.

"Kami tidak pernah mengundang maupun mendatangkan pawang hujan dan tidak mengetahui tentang kehadiran pawang hujan itu," ucap Akkar.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya