Hiburan Rabu, 20 Desember 2023 | 14:12

Daftar Lengkap 8 Kategori di Google Year in Search 2023 Indonesia

Lihat Foto Daftar Lengkap 8 Kategori di Google Year in Search 2023 Indonesia Suasana konferensi pers Year In Search 2023 oleh Google Indonesia. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perusahaan teknologi pencarian Google Indonesia, resmi merilis deretan nama figur publik, judul film, brand hingga kata kunci yang sukses memuncaki laman pencarian sepanjang tahun 2023 lewat ajang Google Year in Search 2023.

Digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Senin, 18 Desember 2023, pengumuman deretan nama yang masuk dalam delapan kategori pencarian populer, disebutkan lewat musikal bertajuk Adu Nasib Bersaudara.

Delapan kategori tersebut meliputi Kategori Mengapa, Kategori Apa, Kategori Siapa, Kategori Lirik Lagu, Kategori Resep, Kategori Serial Film, Kategori Berita, dan Kategori Olahraga.

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan bahwa ajang Google Year in Search 2023 merupakan kilas balik yang merangkum kejadian dan tokoh penting hingga berita yang paling dicari sepanjang tahun.

"Setiap tahun Google Indonesia terus menggelar Year In Search secara rutin. Tujuannya untuk merangkum pencarian terbanyak dan memberikan penghargaan kepada seluruh tokoh yang ikut meramaikan laman Google Search," kata Feli, dikutip Opsi pada Rabu, 20 Desember 2023.

Misi dari Year In Search 2023 oleh Google Indonesia, kata Feli, adalah untuk merefleksikan minat yang dicari oleh masyarakat selama satu tahun terakhir. Berbagai tokoh, nama hingga resep dan lirik lagu viral telah dicari oleh banyak orang melalui Google Search.

"Tidak hanya sekadar menerima informasi, tapi masyarakat Indonesia juga cukup kritis dalam meneliti latar belakang konten yang mereka konsumsi itu," ujar dia.

Suasana konferensi pers Year In Search 2023 oleh Google Indonesia. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Berikut daftar delapan kategori pencarian populer dari Year In Search 2023 oleh Google Indonesia:

1. Kategori Mengapa: mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi

2. Kategori Apa: Apa arti pick me

3. Kategori Siapa: Siapa Nadia Omara

4. Kategori Lirik Lagu: Lagu Komang

5. Kategori Resep: Resep Seblak Rafael

6. Kategori Serial Film: Gadis Kretek

7. Kategori Berita: Jadwal Piala Dunia U-17

8. Kategori Olahraga: Turnamen Olahraga Selebriti Indonesia

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya