Hiburan Jum'at, 20 Oktober 2023 | 12:10

Jadi Warisan Dunia Takbenda Indonesia, Papeda Dirayakan di Google Doodle

Lihat Foto Jadi Warisan Dunia Takbenda Indonesia, Papeda Dirayakan di Google Doodle Papeda mendapat apresiasi di Google Doodle. (Foto: Google)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua, Papeda, mendapat apresiasi Google. Penganan yang biasa disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit ini, muncul di Doodle edisi Jumat, 20 Oktober 2023.

Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi. Penganan ini berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar.berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar.

Menilik sejarahnya, Papeda lahir dari sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai makanan di kawasan pesisir dan dataran rendah di Papua.

Menurut Antropolog sekaligus Ketua Lembaga Riset Papua, Johszua Robert Mansoben, Papeda dikenal lebih luas dalam tradisi masyarakat adat Sentani dan Abrab di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari.

Google Doodle merayakan Papeda lantaran pada 20 Oktober 2015 silam, makanan lezat khas Indonesia Timur ini secara terbuka dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia.

"Jutaan pohon sagu menutupi pulau-pulau di Indonesia, dan setiap tahun penduduk setempat memanennya dengan tujuan untuk diekspor ke negara lain atau untuk dimasak—seperti membuat papeda," tulis laman Google Doodle, dikutip Opsi pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Papeda mendapat apresiasi di Google Doodle. (Foto: Google)

"Satu pohon sagu bisa menghasilkan hampir 150 hingga 300 kilogram pati sagu! Tanaman ini menyediakan berbagai nutrisi yang seimbang, termasuk protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi," kata mereka.

Perayaam Google Doodle juga lantaran Papeda memiliki arti yang lebih besar bagi masyarakat di seluruh Indonesia karena telah terbantu untuk mempertahankannya selama berabad-abad.

Sagu, dalam catatan Google, masih digunakan dalam berbagai ritual dan upacara di Papua dan Maluku, seperti Watani Kame (upacara yang menandai berakhirnya siklus kematian seseorang).

Menurut Google Doodle, cara membuat Papeda juga terbilang mudah, yakni setelah sagu yang merupakan bahan mirip tepung dikeluarkan dari pohonnya, campurkan dengan air mendidih dan aduk hingga mengental.

Baca juga: Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia

Baca juga: Google Doodle Menampilkan Danau Toba

"Kemudian taburkan kunyit, kemangi, serai, daun salam untuk menambah rasa, dan bahkan ikan favorit Anda," kata Google Doodle.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya