Daerah Selasa, 29 Maret 2022 | 16:03

Data Sementara, 250 Ternak di Abdya Bakal Disembelih pada Meugang 2022

Lihat Foto Data Sementara, 250 Ternak di Abdya Bakal Disembelih pada Meugang 2022 Seorang pembeli sedang memilih bagian daging yang hendak dibeli dari pedagang di Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya, pada Meugang tahun 2020 lalu. (Foto: Opsi/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) merilis data sementara hewan ternak yang akan disembelih pada Meugang Ramadan tahun 2022 ini.

Hingga hitungan hari, sebanyak 250 ekor kerbau dan sapi tercatat untuk disembelih pedagang musiman tahun ini. Rinciannya, terdiri dari 174 ekor kerbau jantan, 20 ekor kerbau betina tidak produktif, dan 56 ekor sapi jantan.

"Data hari ini sudah ada 250 ekor. Jika nanti bertambah kita kabari lagi. Apalagi tim kita ada di lapangan untuk pendataan," kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Laili Suheri, Selasa, 29 Maret 2022.

Menurutnya, kebanyakan hewan ternak yang akan disembelih dipasok pedagang dari peternak luar dan dalam Abdya. Sehingga, jumlah yang terdata bisa saja bertambah apalagi ada beberapa hari lagi sampai hari Meugang.

"Selain mendata jumlah, kita juga mengecek kesehatan dan kelayakan hewan ini," ucapnya.

Meugang adalah tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu. Ini merupakan tradisi di masyarakat Aceh, Indonesia dan sudah turun temurun dilaksanakan.

Meugang atau Makmeugang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing, kerbau atau sapi dan dilaksanakan setahun tiga kali, yakni Ramadhan, Idul Adha, dan Idul Fitri. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya