Daerah Rabu, 20 Juli 2022 | 20:07

Delegasi W20 ke Samosir, Bupati Vandiko Ungkap Peran Ibu bagi Orang Batak

Lihat Foto Delegasi W20 ke Samosir, Bupati Vandiko Ungkap Peran Ibu bagi Orang Batak Rombongan W20 di Huta Siallagan, Kabupaten Samosir, Rabu, 20 Juli 2022. (Foto: Tangkapan Layar Facebook)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Rombongan delegasi W20 Summit dari Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, menumpang KMP Kaldera Toba menyeberang ke Kabupaten Samosir, Rabu, 20 Juli 2022.

Rombongan yang merupakan para perempuan dari 15 negara delegasi itu, tiba di Pelabuhan Ambarita.

Mereka disambut Bupati Samosir Vandiko Gultom bersama pejabat lainnya.

Sesaat setelah mendarat, rombongan bersama Bupati Vandiko menabur 30.000 bibit ikan di perairan Danau Toba.

Selepas itu rombongan bergerak menuju objek wisata Huta Siallagan.

Mereka di sana menari atau manortor, dan mendengar cerita tentang batu kursi atau batu persidangan yang dipandu Gading Siallagan.

Gunung Toba

Bupati Vandiko mengaku kunjungan delegasi W20 Summit merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Samosir terutama di Huta Siallagan.

Dia menjelaskan, Huta Siallagan merupakan situs geografis bagian dari geosite Kaldera Toba Unesco Global Geopark. 

Bupati Vandiko kemudian menuturkan sejarah geologi singkat Pulau Samosir. Berawal dari letusan Gunung Toba 74.000 ribu tahun silam. 

Letusan tersebut merupakan letusan gunung berapi terbesar sepanjang sejarah manusia dan membentuk kaldera, itulah Danau Toba, yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. 

Ibu bagi Orang Batak

Dia menambahkan, bagi orang Batak peran seorang ibu atau perempuan sangat dihormati. Sejak kecil telah dididik menjadi rekan pria yang sepadan, kuat, memiliki sopan santun, dan berpendidikan.

“Wanita Batak adalah panutan yang luar biasa, bekerja keras demi kebutuhan anak, pendidikannya. Wanita Batak adalah kebanggaan bagi kami. Demikian halnya dengan kunjungan delegasi Women 20 ini, merupakan kunjungan kehormatan bagi masyarakat Kabupaten Samosir dan kalian merupakan orang-orang hebat bagi kami," katanya dilansir dari laman Pemkab Samosir.

Pihaknya berharap para delegasi pertemuan W20 mau mempromosikan Danau Toba dan Kabupaten Samosir, di negara masing-masing. 

Tiket Online

Dirut BPODT Jimmy Panjaitan yang hadir bersama rombongan, melihat Huta Siallagan dan Huta Raja merupakan objek yang maju dan banyak dikunjungi wisatawan.

Itu sebabnya rombongan W20 diarahkan ke objek wisata Huta Siallagan. 

Dalam pengembangan pariwisata di Samosir, Jimmy menyampaikan pihaknya akan mempromosikan geosite, geopoint, dan cagar budaya. 

Menurutnya, wisatawan mancanegara lebih senang dan lebih menikmati pariwisata dengan aktivitas luar ruangan. 

“Tiketing online akan segera dibuat dalam mendukung kunjungan ke Samosir, sehingga tidak ada alasan bahwa ke Samosir itu susah. Tiket online akan diterapkan di penyeberangan Ajibata-Ambarita,” tuturnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya