Daerah Rabu, 20 Juli 2022 | 16:07

Rombongan Delegasi W20 di Huta Siallagan Disambut Tortor dan Penyematan Ulos

Lihat Foto Rombongan Delegasi W20 di Huta Siallagan Disambut Tortor dan Penyematan Ulos Rombongan W20 di Huta Siallagan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Rabu, 20 Juli 2022. (Foto: Tangkapan Layar Facebook)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Rombongan delegasi W20 yang berasal dari 16 negara tiba di Huta Siallagan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir pada Rabu, 20 Juli 2022.

Para peserta yang mayoritas perempuan itu disambut Bupati Samosir Vandiko Gultom dan jajaran muspida di pintu masuk Huta Siallagan.

Diselingi gondang Batak dan tortor, terhadap para anggota W20 diberikan ulos dan dipersilakan memasuki area Huta Siallagan.

Para peserta kemudian duduk di undakan batu. Huta Siallagan memang khas dengan Rumah Bolon. 

Huta Siallagan direvitalisasi dan diresmikan kembali oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Februari 2022.

Baca juga:

W20 Summit di Parapat Dihadiri Artis Hollywood Anne Hathaway dan Ratu Belanda

Di Huta Siallagan peserta bisa melihat proses menenun ulos, dan mereka juga bisa melihat Batu Persidangan yang dikenal sebagai peninggalan budaya persidangan Batak Toba.

Huta Siallagan dibangun pada masa pemerintahan pemimpin huta pertama, yakni Raja Laga Siallagan. 

Setelah itu dilanjutkan oleh pewarisnya, yakni Raja Hendrik Siallagan, hingga keturunan Raja Ompu Batu Ginjang Siallagan. 

Saat ini, sejumlah keturunan dari Raja Siallagan masih berada di sini, khususnya di Desa Ambarita, di mana Huta Siallagan berada. Makam nenek moyang mereka juga masih bisa ditemukan di Huta Siallagan.

Revitalisasi dilakukan tahun 2020 hingga tahun 2021. Penataan yang dilakukan meliputi revitalisasi Rumah Bolon Eksisting, Ekstensi Rumah Bolon, pembangunan Rumah Bolon yang baru, pembangunan pusat souvenir, perbaikan Batu Persidangan, perbaikan Sopo Anting, dan penambahan sarana dan prasarana pendukung lainnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya