Daerah Rabu, 14 September 2022 | 18:09

Desa Wisata Tebat Lereh Pagar Alam Masuk 50 Besar AWDI 2022

Lihat Foto Desa Wisata Tebat Lereh Pagar Alam Masuk 50 Besar AWDI 2022 Pagar Alam, Sumatra Selatan. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Pagar Alam - Desa Wisata Tebat Lereh di Pagar Alam, Sumatera Selatan, berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa ini memiliki daya tarik utama wisata alam yang indah dan budayanya. Satu-satunya desa di Sumatera Selatan yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Desa ini berada di area perbukitan. Memiliki objek wisata, mulai dari wisata alam sampai wisata budaya, serta kuliner, yang digagas oleh para remaja desa. 

Di desa ini ditemukan Air Terjun Cughup Napal Kuning yang menjadi primadona wisatawan. 

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dari permukaan sungai. 

Dinamakan Air Terjun Napal Kuning karena jalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini adalah jalanan terjal dan licin yang terbuat dari tanah napal dan liat. 

Untuk mencapai air terjun ini ditawarkan paket wisata menggunakan motor ATV.

Baca juga:

Menikmati Kopi dan Dodol Lezat di Desa Wisata Campaga Bantaeng

Selain itu, juga ada agrowisata, sebagian besar penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai petani.

Wisatawan yang datang, bisa dengan melihat langsung kegiatan bercocok tanam di desa ini dan itu menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi wisatawan.

Menparekraf Sandiaga berharap Pagar Alam bisa bersinergi dengan Bengkulu Selatan agar bisa saling mendukung pengembangan destinasi wisata di masing-masing daerah. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke desa itu pada Selasa, 13 September 2022.

Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni, berharap kehadiran Menparekraf ke Desa Wisata Tebat Lereh, bisa menarik wisatawan untuk dapat berkunjung. 

“Mas Menparekraf sudah berkunjung ke Tebat Lereh, InsyaAllah ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan datang ke sini, sehingga desa wisata ini akan berkembang,” kata Alpian. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya