News Selasa, 13 Juni 2023 | 16:06

Dirilis Tema dan Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Lihat Foto Dirilis Tema dan Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI. (Foto: Setneg)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pemerintah merilis tema dan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 pada Senin, 12 Juni 2023.

Logo merupakan perpaduan angka tujuh yang berwarna merah solid dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah serta tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Logo ini kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dipilih oleh Presiden Jokowi. 

Kesatuan logo tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Heru meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk menggencarkan penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai media yang dimiliki.

“Pertengahan Juli sudah ada banner, LED, untuk menyemarakkan memasuki bulan Agustus, bulan Kemerdekaan,” ucapnya.

Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel menjelaskan, sejalan dengan tema, konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, serta menuju Indonesia Maju.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Dolomani saat HUT RI ke-77

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Restog Krisna Kusuma menyampaikan bahwa logo HUT ke-78 ini tersebut merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan Kemenparekraf bersama ADG).

Lima logo rancangan desainer anggota ADGI hasil penyaringan kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi. Logo rancangan Katarina Monika akhirnya dipilih oleh Presiden Jokowi untuk digunakan sebagai logo resmi HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

“Dipilih oleh Bapak Presiden satu logo terbaik yang atas nama desainer Sdri. Katarina Monika yang bertema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’,” kata Restog. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya