Daerah Selasa, 19 Juli 2022 | 13:07

Disdikbud Abdya Matangkan Paskibraka: Peserta Tahun Ini Meledak

Lihat Foto Disdikbud Abdya Matangkan Paskibraka: Peserta Tahun Ini Meledak Paskibraka Abdya saat mengikuti latihan (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Disdikbud) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh mematangkan persiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Kabid Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga pada Disdikbud, Azhar Abbas mengatakan pihaknya sudah melakukan seleksi untuk Paskibraka Abdya Hut RI ke-77 Agustus 2022 mendatang.

Dia berujar, pihaknya sudah melakukan seleksi Paskibraka Abdya dan sudah memilih sebanyak 40 siswa laki-laki dan 28 siswi perempuan. 

Katanya, pasukan yang terpilih adalah nama-nama yang diberikan oleh pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Abdya.

"Peserta Paskibraka tahun ini sangat meledak. Keseluruhan nama yang diusul sekolah mencapai 149 nama. Namun kita tetap memilih sesuai kebutuhan yakni 40 laki-laki dan 28 perempuan," kata Azhar Abbas, Selasa, 19 Juli 2022 di ruang kerjanya.

Dia berujar, pihaknya lebih memprioritaskan siswa-siswi SMA sederajat yang saat ini menduduki kelas 12 sampai 13 untuk masuk dalam pasukan Paskibraka.

Dia mengatakan pasukan Paskibraka Abdya sudah melaksanakan latihan awal selama dua hari di halaman kantor Bupati Abdya selama dua hari terhitung 14 Juli sampai 15 Juli 2022 lalu. 

Kemudian, latihan berlanjut di lapangan Persada Blangpidie selama lebih kurang satu bulan ke depan.

"Jadi kru pelatih itu terdiri dari ketua pelatih, Mayza Firman kemudian unsur Polri dan TNI dan purna Paskibraka. Untuk pelaksanaan upacara hal ini belum dapat dipastikan, bisa saja di Persada atau tempat biasanya dilaksanakan," sebutnya.

Azhar berkata, pada dasarnya Paskibraka ini bukan hanya persoalan baris-berbaris saja. Tapi yang perlu diketahui bahwa, di dalamnya terdapat tentang pembentukan karakter seseorang atau generasi muda yang berkaitan dengan tanah air dan rela berkorban.

"Sehingga kita berharap ke depan mereka ini menjadi pilar ideologi Pancasila. Juga menjadi modal awal ketika berniat menjadi TNI atau Polri nantinya," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya