News Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:12

Drama 6 Gol dan 3 Kartu Merah, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2021

Lihat Foto Drama 6 Gol dan 3 Kartu Merah, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2021 Selebrasi pemain Indonesia usai kalahkan Singapura. (Foto: Twitter@PSSI)
Editor: Rio Anthony

Singapura - Tim Nasional (Timnas) Indonesia lolos ke final Piala AFF 2021 setelah menang dramatis 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal di Stadion Nasional Singapura, Sabtu 25 Desember 2021 malam.

Duel kedua negara harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah imbang 2-2 di waktu normal.

Singapura harus bermain dengan 9 orang setelah dua pemainnya menerima kartu merah, yakni Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi dikartu merah di babak pertama serta babak kedua.

Timnas unggul terlebih dahulu di menit ke-11 melalui kaki Ezra Waliam, namun disamakan oleh Song Uiyoung pada menit ke-45+3.

Singapura berbalik unggul pada menit ke-74 lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman. Hanya saja, kemenangan Singapura yang di depan mata sirna setelah Pratama Arhan menyamakan skor pada menit ke-87.

Bahkan Singapura nyaris menang setelah mendapat tedangan pinalti di menit 90, namun tendangan pemain Singapura berhasil di blok Nadeo Argawinata.

Memasuki babak tambahan waktu, Indonesia langsung menekan. Serangan itu pun membuahkan hasil setelah akselerasi Egy Maulana Vikri menembus pertahanan Singapura.

Egy kemudian melepaskan umpan mendatar ke arah Irfan Jaya, tetapi bisa ditepis kiper Hassa Sunny.

Bola liar yang hendak dibuang Shawal Anuar justru masuk ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Shawal membawa Indonesia berbalik unggul 3-2 pada menit ke-91.

Kiper Hassan Sunny kembali melakukan penyelamatan gemilang setelah memblok sontekan Evan Dimas di depan gawang pada menit ke-97.

Hassan Sunny lagi-lagi membuang peluang gol Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Hassan menepis tendangan Irfan Jaya dan Pratama Arhan guna menyelamatkan gawang Singapura dari kebobolan banyak gol.

Hassan Sunny yang sejak awal babak tambahan tampil apik melakukan blunder pada menit ke-105+1.

Hassan gagal menangkap bola sepak pojok Evan Dimas dengan baik. Bola liar yang bergulir disontek Egy Maulana Vikri menjadi gol.

Percobaan gol kembali dilakukan Irfan Jaya pada menit ke-112, namun lagi-lagi Hassan Sunny menyelamatkan gawang Singapura.

Aksi-aksi gemilang Hassan Sunny sepanjang pertandingan ternoda setelah kiper 37 tahun itu menjegal Irfan Jaya di luar kotak penalti. Dia pun langsung diganjar kartu merah.

Setelah kehabisan pemain pengganti, striker Ikhsan Fandi menjadi pengganti Hassan Sunny yang dikartu merah. Hingga akhir pertandingan skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia tidak berubah.

Indonesia melaju ke final menunggu pemenang antara Thailand vs Vietnam, besok, Minggu 26 Desember 2021. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya