News Senin, 20 Juni 2022 | 11:06

Edukasi Tangani Orang Pingsan, Kemenkes Luncurkan VR di Jakarta Fair PRJ 2022

Lihat Foto Edukasi Tangani Orang Pingsan, Kemenkes Luncurkan VR di Jakarta Fair PRJ 2022 VR edukasi dari Kemenkes di Jakarta Fair PRJ 2022. (foto: humas Jakarta Fair).

Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah meluncurkan teknologi, kesehatan Virtual Reality (VR) di Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022.

Staf IT RSUD Kardinah, Sadewa menjelaskan, teknologi VR tersebut bertujuan untuk mengedukasi pengunjung Jakarta Fair seputar kesehatan dan cara-cara menghadapi situasi darurat ketika menangani pasien yang sakit di tempat umum.

“Adanya teknologi VR ini sebagai edukasi, misalnya untuk menangani orang yang pingsan. Selain itu ada juga pelatihan seputar kesehatan,” kata Sadewa dikutip dari siaran persnya, Senin, 20 Juni 2022.

Baca jugaMengintip Kegiatan Natasha Wilona di Jakarta Fair PRJ 2022

“Misalnya di jalan lagi ramai, tiba-tiba ada yang pingsan, kan banyak orang dan
enggak mungkin kita bisa langsung panggil perawat, jadi kita bisa langsung tangani, gitu,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Kemenkes juga menghadirkan berbagai layanan kesehatan gratis untuk pengunjung Jakarta Fair. Beberapa di antaranya seperti vaksinasi booster Covid-19 dan juga pemeriksaan kesehatan.

“Kita ada pelayanan tes kesehatan seperti cek gula darah, kolestrol, tensi, berat badan, dan konsultasi kesehatan, kami juga bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari beberapa puskesmas,” ujar Penanggung Jawab Stan Kemenkes, Vestianti.

Baca jugaOgah Dukung Anies Capres, Grace: PSI Antiintoleransi dan Antikorupsi

“Kemudian kita juga ada promosi kesehatan dengan aktivasi olahraga melalui Nintendo, jadi pengunjung dapat melakukan olahraga melalui games Nintendo yang sudah kami sediakan,” lanjutnya.

Bagi pengunjung Jakarta Fair yang ingin mencobateknologi VR, Nintendo, maupun layanan kesehatan gratis, dapat langsung mendatangi Hall B2 arena JIEXPO Kemayoran.

Jakarta Fair tahun ini diadakan selama 39 hari penuh mulai tanggal 9 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022 di Arena JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat. Jakarta Fair dibuka pukul 15.30-22.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat, serta pukul 10.00-22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya