Daerah Selasa, 27 Juni 2023 | 08:06

Effendi Simbolon Napak Tilas ke Simalungun Bukan untuk Mengklaim Gunung

Lihat Foto Effendi Simbolon Napak Tilas ke Simalungun Bukan untuk Mengklaim Gunung Effendi Simbolon. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Simalungun  - Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) Effendi Muara Sakti Simbolon bersama rombongan melakukan napak tilas di Gunung Si Imbou Bolon (Gunung Simbolon) di Nagori Dolok Simbolon, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara pada Minggu, 25 Juni 2023.

Sebelum melakukan napak tilas, ada kebaktian di Gereja HKBP Dolok Simbolon yang dipimpin Praeses Distrik 7 Samosir Pdt Renjustin Gultom.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ikut dalam kegiatan. Radiapoh menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kunjungan PSBI di Nagori Dolok Simbolon.

Melihat kondisi jalan menuju Nagori Dolok Simbolon, Bupati Radiapoh menyampaikan, infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun cukup panjang dan kondisinya masih banyak yang perlu diperbaiki.

"Kami terus melakukan upaya untuk perbaikan kondisi jalan dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, dan tidak hanya untuk infrastruktur jalan, pendidikan, dan kesehatan juga menjadi perhatian kami, termasuk internet," katanya.

Dia kemudian berharap melalui Effendi yang merupakan anggota Komisi I DPR RI agar Presiden Jokowi dapat hadir untuk melihat sekaligus memberikan perhatian terhadap pembangunan di Kabupaten Simalungun. 

BACA JUGA: Marga Simarmata di Siantar Simalungun Bangga Kalau Rudolf V Saragih Duduk di Senayan

Effendi mengatakan, kehadirannya dalam napak tilas di Gunung Simbolon bukan untuk mengklaim atau mengakui Dolok Simbolon sebagai tanah leluhurnya. 

"Ini milik kita semua bangsa Indonesia. Jadi yang kami lakukan adalah memberikan apresiasi kepada masyarakat Simalungun yang telah menerima leluhur kami hadir di Nagori Dolok Simbolon," ucapnya. 

Effendi mengajak masyarakat agar tetap menjaga keberagaman dan kebersamaan. "Kita harus melihat ini sebagai putra putri bangsa Indonesia yang penuh keberagaman," ujarnya. 

Effendi sampaikan terima kasih, karena kehadirannya disambut dengan baik oleh masyarakat, melalui Bupati Simalungun.

"Kami berharap apa yang menjadi keinginan bupati dapat didengar langsung oleh presiden, sehingga Simalungun ini dapat diperbaiki dan dibangun menjadi lebih baik," katanya.

Dia apresiasi Bupati Simalungun yang telah melakukan haroan bolon (gotong royong) dengan melibatkan para perantau yang telah berhasil untuk bersama-sama membangun Simalungun. 

Menurut Effendi,  program marharoan bolon yang telah dilakukan Bupati Simalungun dalam menanggulangi kerusakan jalan sangat baik. 

Efendi dalam kesempatan itu memberikan tali asih ke rumah-rumah ibadah. Dilakukan sebagai wujud cinta PSBI terhadap masyarakat Simalungun yang telah menerima leluhurnya di Tanoh Habonaron Do Bona. 

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung dan masyarakat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya