News Kamis, 09 Februari 2023 | 16:02

Gempa M 5.4 di Jayapura, Empat Warga Meninggal Dunia

Lihat Foto Gempa M 5.4 di Jayapura, Empat Warga Meninggal Dunia Salah satu korban gempa di Jayapura terlihat dievakuasi, Kamis, 9 Februari 2023. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Gempa dengan magnitudo 5.4 yang melanda Jayapura, Papua, pada Kamis, 9 Februari 2023, menelan korban empat warga dikabarkan meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid menyampaikan hal itu.

Dikatakan, keempat korban ditemukan dari puing bangunan kafetaria yang roboh oleh goncangan gempa. 

Asep menuturkan letak kafetaria tersebut berada di atas perairan kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," jelas Asep.

Disebutnya, pada saat terjadi gempa yang dirasakan kuat selama 2-3 detik, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. 

Baca juga: Gempa M 4.9 Goyang Jayapura, Gempa Susulan 54 Kali

Pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan yang kembali terjadi.

“Gempa tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa sedang berjalan,” ujar Asep.

Asep melaporkan, beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan. 

Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.4 Goyang Jayapura

BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban jiwa. 

Tim gabungan juga mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara.

Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 13.28 WIB atau 15.28 WIT itu berpusat di 2.60 LS dan 140.66 BT di kedalaman 10 kilometer.

Apabila ditarik garis lurus, gempa dalam kategori dangkal itu memang hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer Barat Daya dari Jayapura dan 6 kilometer Tenggara dari Kota Jayapura.

Merujuk pada data BMKG, wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya diguncang gempa secara bertubi-tubi hingga sebanyak 1.055 kali sejak 2 Januari 2023 dan yang dirasakan oleh masyarakat ada 120 kejadian.

Laporan Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB sebelumnya juga menerima laporan kejadian gempa berkekuatan 4.7 SR pada Rabu, 8 Februari 2023 pukul 20.35 WIB atau 22.35 WIT.

Menurut data terkini, gempa itu telah menyebabkan plafon Masjid Nurul Amin Dok V runtuh dan beberapa bangunan rusak.

Sebagai bentuk antisipasi masyarakat terhadap potensi dan ancaman bencana yang dapat ditimbulkan oleh gempa, BNPB mengajak masyarakat agar tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempa susulan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya